Advertisement

KAI Siapkan Fasilitas Pendukung Kereta Bandara YIA

Rahmi Yati
Kamis, 12 Agustus 2021 - 14:17 WIB
Budi Cahyana
KAI Siapkan Fasilitas Pendukung Kereta Bandara YIA Ilustrasi - JIBI/Bisnis.com/Eusebio Chrysnamurti

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mempersiapkan dukungan operasional Kereta Api Yogyakarta International Airport (YIA).

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan KAI mempersiapkan area pelayanan pelanggan KA, baik yang berada di Stasiun Bandara YIA maupun di Stasiun Jogja.

Advertisement

"Di Stasiun Bandara YIA, telah dibangun ruang tunggu dan pelayanan penumpang yang representatif. Tersedia fasilitas pelayanan loket, Informasi Pelanggan, ruang tunggu yang nyaman, fasilitas ruang kesehatan serta laktasi, dan pos keamanan," katanya dalam siaran pers, Kamis (12/8/2021).

Nantinya, ujar Joni, untuk menuju ke area peron stasiun, hanya pelanggan KA Bandara yang sudah memiliki tiket yang dapat masuk melalui e-gate yang tersedia ketika KA yang akan dinaiki sudah tersedia.

Dia menjelaskan, ruang pelayanan penumpang KA di Stasiun Bandara YIA ini memiliki pernik-pernik khas Jogja dan tersedia pelayanan yang representatif yang bertujuan memberikan kenyamanan kepada para pelanggan KA Bandara.

"Sedangkan untuk di Stasiun Jogja, KAI juga sudah menyiapkan ruang tunggu khusus pelanggan KA Bandara," sebutnya.

Dia memerinci, KAI juga telah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) perusahaan yang nantinya akan bertugas melayani para pelanggan kereta api dan menjalankan operasional KA Bandara yang saat ini masih dalam tahap proses persiapan oleh berbagai pihak.

“Setelah sebelumnya pada Mei 2019 KA Bandara YIA beroperasi melalui Stasiun Wojo, nantinya layanan KA Bandara YIA dapat langsung masuk ke dalam Bandara YIA melalui Stasiun Bandara YIA untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan bepergian dari dan menuju Bandara YIA,” imbuhnya.

Sebagai informasi, proyek KA Bandara ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi dengan total anggaran mencapai Rp1,1 triliun yang bersumber dari APBN.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan pembangunannya telah memasuki tahap akhir. Pembangunan fisik jalur KA Bandara YIA secara umum telah selesai dikerjakan, tinggal beberapa pekerjaan minor.

"Misalnya pengecatan bangunan stasiun, pemenuhan fasilitas penumpang, ruang Kepala Stasiun, dan juga ticketing gate yang dilakukan secara simultan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Dilanda Hujan Hari Ini

News
| Rabu, 24 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement