BIN Gelar Vaksinasi Lanjutan Dosis Kedua untuk 240 Pelajar Jogja

Tenaga kesehatan sedang menyuntikkan vaksin kepada pelajar di SMAN 1 Jogja, Kamis (12/8/2021). Harian Jogja - Sirojul Khafid
13 Agustus 2021 01:37 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, WIROBRAJAN – Badan Inteligen Negara (BIN) laksanakan vaksinasi dosis kedua untuk 240 pelajar di Kota Jogja pada Kamis (12/8/2021). Bertempat di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Jogja, vaksinasi ini menyasar pelajar dari empat sekolah di Kota Jogja. Ada 100 pejalar dari SMAN 1 Jogja, 20 dari SMAN 8 Jogja, 95 dari Sekolah Menengah Pertama Neger (SMPN) 5 Jogja, dan 25 siswa dari SMPN 9 Jogja.

Vaksinasi di SMAN 1 Jogja ini menjadi rangkaian gerakan serentak dari BIN. Total ada 50.000 vaksin yang disebarkan ke-14 provinsi dengan sasaran pelajar serta warga masyarakat secara door to door. Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan mengatakan 14 provinsi yang menggelar vaksinasi serentak hari ini yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Bali, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Riau, Sulawesi Selatan, dan Papua.

BACA JUGA : Vaksinasi Covid-19 di Sleman Sudah 20 Kali Menyasar Pelaku Wisata

“Hari ini kami mengadakan vaksinasi lanjutan. Total ada 50.000 vaksin yang disiapkan yang tersebar di 14 provinsi. Kami tetap prioritaskan anak-anak pelajar sebagai generasi penerus bangsa, juga warga masyarakat di pelosok dengan sistem door to door,” kata Budi, Kamis (12/8/2021).

BIN terus berkomitmen mengadakan vaksin dosis kedua, terutama ke daerah-daerah yang mengalami lonjakan kasus virus corona dan yang masuk ke zona merah Covid-19. Dengan percepatan vaksinasi, harapannya segera terbentuk kekebalan komunal di masyarakat.

Menurut Kabagops BIN DIY, Wahyu MW, vaksinasi ini sebagai upaya menyukseskan arahan Presiden Joko Widodo dalam percepatan vaksinasi, termasuk di tingkat pelajar. “Kami juga berharap ke depannya vaksinasi dosis kedua bisa terus kami jalankan bersama dengan Dinas Kesehatan dan pihak sekolah di Kota Jogja maupun kabupaten yang ada di DIY,” kata Wahyu di sela-sela peninjauan vaksinasi di SMAN 1 Jogja.

BACA JUGA : Ini 3 Lokasi Sentra Vaksinasi Covid-19 di Kota Jogja

Saat ini BIN sedang menanti stok vaksin untuk kembali gelar vaksinasi massal. Terlebih antusias masyarakat juga semakin tinggi terhadap vaksinasi, sehingga perlu keberlangsungan program dengan lebih masif.

“Kami melihat beberapa pekan belakangan, masyarakat maupun sekolah dan orang tua pelajar antusias mendatangi tempat vaksinasi. Kalau dulu kami mengundang, sekarang mereka yang bertanya untuk vaksin,” kata Wahyu. “Ini hal yang positif bagi kita bersama untuk menekan penyebaran kasus Covid-19 di DIY.”