Advertisement

Testing Covid-19 Bantul Capai 783 Sampel dalam Sehari

Catur Dwi Janati
Jum'at, 13 Agustus 2021 - 07:27 WIB
Sunartono
Testing Covid-19 Bantul Capai 783 Sampel dalam Sehari Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Jojon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Pelaksanaan tracing dan testing Bantul masuh terus digencarkan. Dalam sehari setidaknya ratusan orang diperiksa menggunakam metode PCR maupun Rapid Antigen.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santosa atau yang biasa disapa Oki memaparkan satu testing yang dilakukan pada Senin (9/8). Pada hari tersebut setidaknya ada 500 orang lebih diperiksa melalui metode PCR. "Testing 9 Agustus 2021, PCR positif 252 dan negatif 269," ujarnya pada Kamis (12/8).

Advertisement

BACA JUGA : Pemda DIY Kebut Tracing dan Testing Covid-19

Tak hanya PCR, testing juga dilakukan melalui Rapid Antigen. Pada hari yang sama, hasil antigen positif sebanyak 95 sampel dan negatif antigen sebanyak 167

Total 783 testing dilakukan hanya dalam kurun sehari menggunakan metode PCR dan Rapid Antigen. Dengan rincian sebanyak total 347 sampel dinyatakan positif PCR maupun Rapid Antigen. Lebih lanjut Oki menerangkan dari hasil tersebut menunjukan bahwa positvity rate di Bantul pada Senin (9/8) mencapai 44 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharjo secara tegas menekankan bahwa di Bantul tidak ada upaya pengendoran testing maupun tracing. "Ya tetap kita masih gencar terus. Kita tetap enggak mengendorkan tracing tasting," tegasnya.

BACA JUGA : Pemda Klaim Jumlah Testing di DIY Termasuk Tinggi

Di sisi lain, diperpanjangan PPKM Level 4 kali ini Bantul mengambil langkah strategi penjemputan pasien-pasien isoman. Sekretaris Daerah Bantul, Helmi Jamharis menyampaikan Bantul mulai melalukan penjemputan kepada pasien isoman ke selter di sejumlah wilayah pada pekan ini. "Kita untuk mendorong, memindahkan masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah untuk dialihkan ke selter," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement