Pemkot Jogja Tambah Tiga Sentra Vaksinasi, Ini Lokasinya

Ilustrasi. - Freepik
14 Agustus 2021 03:17 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja menambah tiga lokasi sentra vaksinasi, meliputi di XT-Square, PDAM Tirtamarta, dan Ngabean.

Pelaksana Tugas Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Pemkot Jogja, Kris Sardjono Sutedjo mengatakan sentra vaksinasi di XT-Square sudah mulai beroperasi. Kapasitas vaksinasi dalam sehari bisa melayani sekitar 1.000-1.200 dosis per hari. Kapasitas yang sama juga diproyeksikan di sentra vaksinasi PDAM Tirtamarta.

“Untuk di Ngabean belum dioperasionalkan. Masih dalam tahap persiapan,” kata Kris, Kamisi (12/8/2021).

Baca juga: Pemkot Jogja Berencana Terapkan One Gate System untuk Seluruh Bus Pariwisata. Begini Teknisnya

Penambahan sentra vaksin menjadi upaya percepatan vaksinasi yang juga tetap berlangsung secara reguler. Vaksinasi secara reguler berada di 18 puskesmas, 13 rumah sakit, dua klinik. Dengan adanya penambahan ini, kapasitas total vaksinasi di Jogja bisa capai 6.000 dosis perhari.

“Warga yang ingin mengakses layanan vaksin harus melakukan pendaftaran terlebih dulu melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Pendaftaran vaksinasi di Kota Jogja sudah dilakukan satu pintu melalui aplikasi JSS,” kata Kris.

Selain vaksinasi reguler dan melalui sentra, Pemkot Jogja juga dalam perencanaan membuat mobile vaksin. Mobile vaksin utamanya menyasar warga yang kesulitan secara mobilitas seperti difabel, orang tua, dan lainnya. Untuk difabel misalnya, ada sekitar 3.000-4.000 orang yang terdata.