Peringatan HUT ke-76 RI: Rantis Brimob Polda DIY Turun ke Jalan Ajak Hormat Bendera

Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda DIY mengajak para pengguna jalan di perempatan Gondowulung, Banguntapan, Bantul untuk melakukan penghormatan bendera secara serentak saat detik-detik proklamasi, Selasa (17/8/2021). - Harian Jogja/Jumali
17 Agustus 2021 12:47 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Berbagai langkah dilakukan untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia. Salah satunya yang dilakukan oleh Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda DIY, Selasa (17/8/2021).

Mereka menggelar pengibaran bendera dan mengajak para pengguna jalan di perempatan Gondowulung, Banguntapan, Bantul untuk melakukan penghormatan bendera secara serentak saat detik-detik proklamasi.

Komandan Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda DIY Kompol DH Supraba mengatakan, pihaknya sengaja menutup jalan dan meminta kepada pengguna jalan untuk melakukan penghormatan bendera merah putih saat detik-detik proklamasi. Diharapkan dengan langkah tersebut, para pengguna jalan dan masyarakat akan kembali mengingat perjuangan para pendahulu bangsa yang telah berjuang untuk kemerdekaan RI.

Baca juga: Pesan Kemerdekaan dari Jogja: Ubah Negatif Chaos Menjadi Positif Chaos

“Harapan kami, nasionalisme akan kembali bangkit. Selain itu, kami berharap agar mereka kembali mengingat perjuangan dari para pejuang yang telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini,” katanya.

Mengenai kendaraan rantis yang digunakan, Supraba menyatakan, jika itu adalah bentuk simbolisasi perjuangan. Di mana kendaraan rantis ini adalah salah satu kendaraan untuk pengamanan. “Sehingga diharapkan, masyarakat semakin menyadari jika perjuangan belum berakhir, terutama dalam menjaga dan mempertahankan kemerdekaan RI,” ucapnya.

Sementara langkah unik untuk memperingati kemerdekaan RI juga dilakukan oleh komunitas Panther Mania Jogja (PMJ). Mereka melakukan upacara bendera di Jalur Jalan Lintas Selatan Yogyakarta (JJLS) Pantai Samas.

Ketua PMJ, Artha mengatakan acara upacara bendera tersebut juga melibatkan Panther Mania Bantul (PMB). Meski menggelar upacara, namun mereka tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Di antaranya menjaga jarak dan memakai masker.

“Kami berharap dengan kegiatan ini, nasionalisme akan semakin kuat. Dan bisa mengingat kembali perjuangan para pendahulu kami yang telah berjuang untuk kemerdekaan RI,” harapnya.