Advertisement

Bupati Bantul Sebut Tanda-Tanda Merdeka dari Covid-19 Mulai tampak

Newswire
Selasa, 17 Agustus 2021 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Bupati Bantul Sebut Tanda-Tanda Merdeka dari Covid-19 Mulai tampak Bupati Bantul Abdul Halim Muslih - Harian Jogja/Dok.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih mengatakan tanda-tanda merdeka dari cengkeraman pandemi COVID-19 yang melanda sejak lebih dari setahun, saat ini bertepatan dengan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, mulai tampak.

"Hari ini kita memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI dan tanda-tanda kemerdekaan dari cengkeraman COVID-19 itu juga sudah mulai tampak," kata Bupati usai menghadiri Upacara Bendera Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Lapangan Paseban Bantul, Selasa (17/8/2021).

Advertisement

Menurut Bupati, hal tersebut ditunjukkan dengan penurunan jumlah pasien konfirmasi positif COVID-19 yang diisolasi, meningkatnya pasien sembuh, dan menurunnya angka kematian akibat corona dalam sepekan terakhir menyusul kebijakan pemerintah dalam pengendalian penyebaran wabah.

"Kasus sudah turun secara konsisten, biasanya kalau turun sudah konsisten dari hari ke hari ini menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 itu mudah-mudahan akan berakhir," kata Bupati.

Meski demikian, Bupati tetap mengajak masyarakat agar senantiasa disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 5M guna memutus rantai penyebaran COVID-19, agar kasus yang isolasi terus menurun, sementara angka pasien yang sembuh semakin meningkat.

"Kita juga punya pengalaman soal pandemi, sehingga kita tidak boleh lengah walaupun data-data menunjukkan penurunan kasus, kewaspadaan itu harus tetap kita pasang sampai pandemi COVID-19 benar-benar nol kasus," katanya.

BACA JUGA: Merapi Masuki Fase Ekstrusi, 10 Awan Panas Muncul dalam 2 Hari 

Bupati juga berharap, di hari kemerdekaan ini dapat menjadi momentum dan semangat agar Bantul segera bangkit dan terbebas dari pandemi COVID-19, dengan bersama saling melindungi keluarga, saudara dan teman-teman dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan ketat.

Berdasarkan data Satgas Penanggulangan COVID-19 Bantul, total kasus positif per Senin (16/8/2021) berjumlah 50.414 orang setelah ada penambahan 217 kasus baru dalam sehari, sementara kasus sembuh total 41.201 orang setelah ada penambahan pasien pulih sejumlah 1.285 orang.

Sedangkan kasus konfirmasi COVID-19 yang meninggal sebanyak 1.278 orang, sehingga total kasus aktif COVID-19 atau pasien yang masih menjalani karantina maupun isolasi di rumah sakit maupun selter sebanyak 7.935 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement