Pancaroba, Peternak Disarankan Lakukan Vaksinasi pada Unggas

Ilustrasi. - Bisnis/Endang Muchtar
19 Agustus 2021 09:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan (DP2KP) Bantul meminta kepada peternak unggas untuk memvaksin unggasnya sebagai antisipasi munculnya avian influenza (AI) di masa perubahan musim.

"Untuk itu kami harap para peternak unggas segera memvaksin hewan ternak mereka. Lagian untuk vaksin AI kan gampang didapatkan. Bisa di toko peternakan dan puskeswan terdekat," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DP2KP Bantul, Joko Waluyo, Rabu (18/8/2021).

Lebih lanjut Joko mengungkapkan, selain memvaksin unggas mereka, para peternak juga harus menyiapkan sejumlah usaha mengatasi kemungkinan penyebaran AI. Salah satunya, dengan mencampur bahan empon kedalam makanan unggas mereka. Diharapkan langkah ini akan mampu meningkatkan kekebalan hewan terhadap serangan AI.

Baca juga: Kabar Baik! Kasus Covid-19 di Kulonprogo Mulai Landai, Ini Indikasinya

"Jika sudah terjangkit, maka unggas yang terinfeksi segera dikurung dan dipisahkan dengan unggas lainnya. Agar tidak menulari unggas lainnya," jelasnya.

Disinggung mengenai populasi unggas di Bantul, Joko menyatakan cukup banyak. Ia memisalkan, untuk ayam petelur layer tersentral di Kapanewon Pajangan saat ini populasi mencapai 1 juta ekor.

"Ini sesuai dengan kebutuhan harian di Bantul yang mencapai 2.000 ekor," katanya.