Advertisement

Fasilitasi Pasien Isolasi Covid-19, Rusun Giripeni Dipasangi WiFi

Hafit Yudi Suprobo
Kamis, 19 Agustus 2021 - 07:17 WIB
Nina Atmasari
Fasilitasi Pasien Isolasi Covid-19, Rusun Giripeni Dipasangi WiFi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana pendukung bagi pasien positif Covid-19 di isolasi terpusat rusun Giripeni.

Salah satunya adalah pemasangan WiFi. Kehadiran WiFi diharapkan mempermudah komunikasi antara pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri dengan keluarganya yang berada di rumah masing-masing.

Advertisement

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Fajar Gegana mengatakan pemasangan WiFi dilakukan oleh dinas terkait, yakni Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulonprogo.

Baca juga: Terdampak PPKM, 73 Hotel & Restoran di DIY Tutup Permanen

"Peningkatan fasilitas ini (WiFi) bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien di isoter Giripeni. Jangan sampai pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri kebingungan soal akses internet. Mereka butuh koneksi internet untuk berkomunikasi dengan keluarganya masing-masing," kata Fajar pada Rabu (18/8/2021).

Pemasangan WiFi di rusun Giripeni juga diharapkan mampu menjadi aspek pendukung bagi pasien positif Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri dalam mencari hiburan di dunia maya. Tingkat stres pasien positif Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri juga diharapkan tidak terpicu dengan signifikan.

"Kehadiran WiFi di rusun Giripeni mampu memberikan hiburan bagi pasien positif Covid-19. Salah satunya adalah akses YouTube bagi pasien yang sedang melakukan isolasi mandiri. Pasien positif Covid-19 juga pastinya kan tetap butuh akses internet," ujar Fajar.

Baca juga: Proyek Talut Pantai Baron Rp2,8 Miliar Bermasalah, Pemborong Terancam Di-blacklist

Berdasarkan catatan dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rusun Giripeni sudah mencapai 65. Data tersebut merupakan update terakhir gugus tugas per Rabu (18/8/2021).

"Tujuan dari difungsikannya rusun Giripeni sebagai tempa isolasi terpusat bagi pasien positif Covid-19 yang mengalami gejala kecil hingga sedang adalah untuk mengurangi pemaparan Covid-19 di lingkungan keluarga," kata Fajar.

Kepala Bidang Aplikasi Teknologi dan Informasi, Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kulonprogo, Sutarman mengatakan pemasangan WiFi di rusun Giripeni dijadwalkan pada Kamis (19/8/2021).

"Hari ini baru proses untuk realisasi pemasangan WiFi yang rencananya dilaksanakan pada Kamis (19/8/2021) mendatang," kata Sutarman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement