Fasilitasi Pasien Isolasi Covid-19, Rusun Giripeni Dipasangi WiFi

Ilustrasi. - Freepik
19 Agustus 2021 07:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana pendukung bagi pasien positif Covid-19 di isolasi terpusat rusun Giripeni.

Salah satunya adalah pemasangan WiFi. Kehadiran WiFi diharapkan mempermudah komunikasi antara pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri dengan keluarganya yang berada di rumah masing-masing.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Fajar Gegana mengatakan pemasangan WiFi dilakukan oleh dinas terkait, yakni Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulonprogo.

Baca juga: Terdampak PPKM, 73 Hotel & Restoran di DIY Tutup Permanen

"Peningkatan fasilitas ini (WiFi) bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien di isoter Giripeni. Jangan sampai pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri kebingungan soal akses internet. Mereka butuh koneksi internet untuk berkomunikasi dengan keluarganya masing-masing," kata Fajar pada Rabu (18/8/2021).

Pemasangan WiFi di rusun Giripeni juga diharapkan mampu menjadi aspek pendukung bagi pasien positif Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri dalam mencari hiburan di dunia maya. Tingkat stres pasien positif Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri juga diharapkan tidak terpicu dengan signifikan.

"Kehadiran WiFi di rusun Giripeni mampu memberikan hiburan bagi pasien positif Covid-19. Salah satunya adalah akses YouTube bagi pasien yang sedang melakukan isolasi mandiri. Pasien positif Covid-19 juga pastinya kan tetap butuh akses internet," ujar Fajar.

Baca juga: Proyek Talut Pantai Baron Rp2,8 Miliar Bermasalah, Pemborong Terancam Di-blacklist

Berdasarkan catatan dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rusun Giripeni sudah mencapai 65. Data tersebut merupakan update terakhir gugus tugas per Rabu (18/8/2021).

"Tujuan dari difungsikannya rusun Giripeni sebagai tempa isolasi terpusat bagi pasien positif Covid-19 yang mengalami gejala kecil hingga sedang adalah untuk mengurangi pemaparan Covid-19 di lingkungan keluarga," kata Fajar.

Kepala Bidang Aplikasi Teknologi dan Informasi, Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kulonprogo, Sutarman mengatakan pemasangan WiFi di rusun Giripeni dijadwalkan pada Kamis (19/8/2021).

"Hari ini baru proses untuk realisasi pemasangan WiFi yang rencananya dilaksanakan pada Kamis (19/8/2021) mendatang," kata Sutarman.