Advertisement

240 Ibu Hamil di Bantul Sudah Menerima Vaksin Covid-19

Catur Dwi Janati
Jum'at, 20 Agustus 2021 - 07:17 WIB
Nina Atmasari
240 Ibu Hamil di Bantul Sudah Menerima Vaksin Covid-19 Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Ratusan ibu hamil di Bantul telah tervaksinasi Covid-19. Untuk kurangi risiko kematian ibu hamil, Puskesmas pun bisa layani persalinan ibu hamil Covid-19.

Bupatu Bantul, Abdul Halim Muslih menyatakan bila ibu hamil masuk dalam prioritas kelompok rentan yang harus menerima vaksinasi. "Ibu hamil juga salah satu prioritas percepatan ini [vaksinasi] dan kita sudah melalukan pendataan di seluruh kabupaten," terangnya ditemui pada Kamis (19/8/2021).

Advertisement

Pendataan ibu hamil calon penerima vaksin dilakukan melalui Puskesmas. Sebagian di antaranya bahkan sudah mulai mendapatkan vaksinasi. "Sudah dimulai vaksinasi [ibu hamil] secara bertahap," ujarnya.

Baca juga: Tingkat Kekerasan di Sleman Tertinggi, Penegak Hukum Dinilai Lamban

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharjo menambahkan hingga Rabu (18/8/2021) sebanyak 240 ibu hamil tercatat telah tervaksinasi. "Terus besok kita menyusul untuk kegiatan-kegiatan massal vaksinasi ibu hamil. Termasuk di provinsi, termasuk di kabupaten," terangnya.

Selain vaksinasi, guna meningkatkan penanganan ibu hamil, sejumlah fasilitas kesehatan disiapkan untuk mempermudah persalinan. "Karena ibu bersalin terutama butuh fasilitas yang memadai, ibu hamil Covid-19. Sementara kita kadang-kadang kesulitan untuk merujuk, sehingga kita meluaskan akses memberi peluang fasilitas yang cukup," tandasnya.

"Di samping RS UII, RSLKC, rumah sakit lainnya termasuk Puskesmas. Kalau memang harus bersalin Covid-19 di Puskesmas pun kita lakukan. Tergantung nanti situasional, ruang-ruang itu sesuai leveling-nya paling tidak bisa membantu memberikan pelayanan yang tepat bagi ibu hamil, ibu bersalin dan mengurangi risiko kematian ibu bersalin," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement