240 Ibu Hamil di Bantul Sudah Menerima Vaksin Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
20 Agustus 2021 07:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Ratusan ibu hamil di Bantul telah tervaksinasi Covid-19. Untuk kurangi risiko kematian ibu hamil, Puskesmas pun bisa layani persalinan ibu hamil Covid-19.

Bupatu Bantul, Abdul Halim Muslih menyatakan bila ibu hamil masuk dalam prioritas kelompok rentan yang harus menerima vaksinasi. "Ibu hamil juga salah satu prioritas percepatan ini [vaksinasi] dan kita sudah melalukan pendataan di seluruh kabupaten," terangnya ditemui pada Kamis (19/8/2021).

Pendataan ibu hamil calon penerima vaksin dilakukan melalui Puskesmas. Sebagian di antaranya bahkan sudah mulai mendapatkan vaksinasi. "Sudah dimulai vaksinasi [ibu hamil] secara bertahap," ujarnya.

Baca juga: Tingkat Kekerasan di Sleman Tertinggi, Penegak Hukum Dinilai Lamban

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharjo menambahkan hingga Rabu (18/8/2021) sebanyak 240 ibu hamil tercatat telah tervaksinasi. "Terus besok kita menyusul untuk kegiatan-kegiatan massal vaksinasi ibu hamil. Termasuk di provinsi, termasuk di kabupaten," terangnya.

Selain vaksinasi, guna meningkatkan penanganan ibu hamil, sejumlah fasilitas kesehatan disiapkan untuk mempermudah persalinan. "Karena ibu bersalin terutama butuh fasilitas yang memadai, ibu hamil Covid-19. Sementara kita kadang-kadang kesulitan untuk merujuk, sehingga kita meluaskan akses memberi peluang fasilitas yang cukup," tandasnya.

"Di samping RS UII, RSLKC, rumah sakit lainnya termasuk Puskesmas. Kalau memang harus bersalin Covid-19 di Puskesmas pun kita lakukan. Tergantung nanti situasional, ruang-ruang itu sesuai leveling-nya paling tidak bisa membantu memberikan pelayanan yang tepat bagi ibu hamil, ibu bersalin dan mengurangi risiko kematian ibu bersalin," tandasnya.