Ada PPKM, Pelatihan untuk Transmigran di Bantul Diundur

Ilustrasi. - AntaraFoto/ Yusran Uccang
21 Agustus 2021 08:07 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Pelatihan kepada para calon transmigran yang dijadwalkan diselenggarakan bulan ini urung dilakukan. Adanya penerapan PPKM membuat pelatihan kepada para calon transmigran diundur.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Perluasan Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Bantul, Yanatun Yunadiana menerangkan seharusnya sejumlah pelatihan kepada calon peserta transmigrasi dilaksanakan Agustus ini. Masih diberlalukannya PPKM membuat rencana tersebut diundur.

"Kita belum melaksanakan pelatihan. Rencananya bulan ini sebetulnya, kemarin kami utarakan, tapi PPKM diperpanjang," ujarnya pada Jumat (20/8/2021).

Baca juga: Dinsos Bantul Sasar Calon Pengganti Penerima Bantuan Beras

Pelatihan bakal digelar menyusul telah teerpilihnya lima KK yang kemungkinan berangkat transmigrasi tahun ini. Yanatun menerangkan seharusnya tahun ini sebanyak 20 KK di transmigrasikan ke sejumlah daerah. Namun ada beberapa lokasi tujuan transmigrasi melakukan pembatalan karena pandemi. Hanya lokasi Mamuju Tengah yang tetap menerima transmigran.

"Kita transmigrasi kan dari 20 KK kita hanya bisa berangkat lima ke Mamuju Tengah. Sebelumnya jatah ke Mamuju cuma empat, tapi kemudian karena kuotanya dijadikan lima kita tambahi satu KK," terangnya.

Akhirnya Disnakertrans Bantul melakukan penawaran ke sejumlah KK yang sebelumnya terpilih, apakah ada yang berminat ke Mamuju Tengah. Hasilnya satu KK bersedia pindah ke Mamuju Tengah. "Sudah ada, ditawarkan. Yang pindah ke Mamuju Tengah dari sebelumnya tujuan ke Paser," tandasnya.