Vaksinasi Massal di SMA 1 Jogja Selesaikan 200 Orang Per Jam

Pelaksanaan vaksinasi di SMA N 1 Jogja, Minggu (22/8/2021). - Ist.
22 Agustus 2021 23:37 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sedikitnya 1.000 orang yang terdiri atas pelajar dan masyarakat umum mengikuti vaksinasi di SMA Negeri 1 Jogja, Minggu (22/8/2021). Vaksinasi yang digelar Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta (KATY) ini melibatkan puluhan dokter sehingga mampu menginjeksi 200 orang per jam.

Panitia Vaksinasi KATY Agung Widianto menjelaskan pelaksanaan vaksinasi digelar dengan melibatkan para dokter termasuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang juga alumni SMA N 1 Jogja. Dokter dari FK-KMK UGM juga banyak dilibatkan dalam kegiatan tersebut sehingga pelaksanaannya lebih cepat.

BACA JUGA : Sentra Vaksinasi Covid-19 di Jogja Bertambah, Ini Lokasinya

“Memang pelaksanaan diupayakan bisa selesai lebih cepat sehingga banyak personel yang dikerahkan, ini mampu menyelesaikan sekitar 200 orang per jam,” katanya.

Kuota vaksinasi sebanyak 1.000 dosis digunakan untuk 400 pelajar SMA 1 Jogja, sisanya untuk pelajar SMK N 2 Jogja serta masyarakat umum. Kuota 1.000 dosis langsung habis saat pendaftaran mulai dibuka. Ia menilai antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi tergolong sangat tinggi.

“Vaksinasi di SMAN 1 untuk masyarakat sekitar terutama orangtua siswa dan siswanya, yang ternyata ada 400 yang belum divaksin, sehingga diikutkan. Kami menjalin kerja sama dengan IDI, keluaga alumni, kerja sama dengan Polri mendapatkan 1.000 vaksin yang kami laksanakan,” katanya.

Melihat antusiasme pelajar dan masyarakat yang begitu tinggi, KATY pun berencana menggelar kembali vaksinasi massal dalam waktu dekat, dengan sasaran serupa. Agung mengatakan pekan depan vaksinasi untuk pelajar akan digelar di Grha Sabha Permana UGM dengan kuota sekitar 3.000 dosis. “Semangat mengikuti vaksinasi sangat tinggi, ini rencananya pekan depan dengan kuota 3.000 khusus untuk pelajar di DIY,” ujarnya.

BACA JUGA : Layanan Vaksinasi Covid-19 di Kota Jogja Diperluas hingga ke Kecamatan

Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi yang digelar SMAN 1 Jogja karena sangat membantu pemerintah dalam upaya mencapai herd immunity. Vaksinasi massal tersebut cukup memberikan penambahan untuk target percepatan di angka 10.000 orang per harinya.

“Terutama pelajar yang saat ini juga terus dilakukan di Kota Jogja,,” ujarnya.