Sentra Vaksinasi Covid-19 di Jogja Bertambah, Ini Lokasinya

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad mengikuti program vaksinasi di Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY, Minggu (21/3/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
22 Agustus 2021 12:37 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Pemerintah (Pemkot) Kota Jogja menambah sentra vaksin di Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY. Menurut Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, rencananya ada 12 kali vaksinasi massal yang berlangsung di setiap akhir pekan.

Selain di Kantor BPD DIY Pusat, Haryadi juga berharap vaksinasi massal bisa digelar di kantor-kantor cabangnya. “Ini supaya memudahkan masyarakat dalam vaksinasi,” kata Haryadi saat meninjau vaksinasi massal di BPD DIY Pusat, Sabtu (21/8/2021).

Ada sasaran sekitar 1.000 dosis setiap kali pelaksanaannya. Setelah mendapat vaksinasi, masyarakat akan mendapat gelang sebagai penanda sudah vaksin. Lantaran kala itu vaksinasi dosis pertama, maka gelang berwarna kuning. Apabila sudah mendapat dosis dua kali, warga akan mendapat gelang hijau.

Baca juga: Susu Kambing PE Peternak Sanden Diburu Pembeli

Haryadi menekankan apabila stok vaksin di Kota Jogja masih aman. Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan dosis pertama warga Jogja. Haryadi mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan vaksinasi, baik secara reguler di fasilitas kesehatan maupun secara massal di sentra-sentra vaksinasi.

“Karena semakin banyak warga yang sudah divaksin, maka dengan sendirinya akan tercapai kekebalan komunal,” kata Haryadi.

Menurut Direktur Utama BPD DIY, Santoso Rohmad, vaksinasi massal di bulan Agustus berlangsung sejak Jumat (20/8/2021). Setiap harinya, penyelenggara menyasar 1.000 peserta dari kalangan masyarakat umum, mahasiswa, dan pelaku Usaha Kecil Menengah.

"Harapan kami bisa ikut membantu percepatan kekebalan komunal, sehingga akan mendorong aktivitas perekonomian masyarakat," kata Santoso.