Advertisement

Selama PPKM Leval 4, Tak Ada Zona Merah di Kulonprogo

Hafit Yudi Suprobo
Senin, 23 Agustus 2021 - 14:57 WIB
Budi Cahyana
Selama PPKM Leval 4, Tak Ada Zona Merah di Kulonprogo Ilustrasi - Antara/Oky Lukmansyah

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo menyebut tidak terdapat zona merah di kabupaten tersebut. Kasus positif Covid-19 harian di kabupaten Kulonprogo selama dua hari yakni Sabtu (21/8/2021) dan Minggu (22/8/2021) juga berada di bawah 100.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kulonprogo Joko Satyo Agus Nahrowi mengatakan di wilayah kabupaten Kulonprogo sudah tidak terdapat wilayah yang masuk dalam kategori zona merah selama diberlakukannya PPKM level empat.

Advertisement

BACA JUGA: Pengawasan Pelancong Malioboro Dimulai dari Kedatangan Bus

"Berdasarkan catatan kami pada Minggu (22/8/2021), tidak ada wilayah di kabupaten Kulonprogo yang masuk dalam zona merah. Namun, zona oranye, kuning, dan hijau masih ditemui di sejumlah wilayah," kata Joko pada Senin (23/8/2021).

Wilayah yang masuk zona oranye sebanyak 20, kebanyakan di Kapanewon Kokap dengan total lima RT. Di Kapanewon Pengasih dan Kapanewon Panjatan masing-masing terdapat tiga RT berstatus zona oranye penularan Covid-19. Kapanewon Temon, Wates, dan Lendah masing-masing terdapat dua RT zona oranye.

"Kapanewon Nanggulan, Kalibawang, dan Samigaluh masing-masing terdapat satu RT yang masih berstatus zona orange penularan Covid-19. Sedangkan, di kapanewon lainnya rata-rata berstatus zona hijau maupun kuning," ujar Joko.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan merujuk kepada data dari gugus tugas pada Sabtu (21/8/2021) dan Minggu (22/8/2021) angka kasus positif Covid-19 harian di kabupaten Kulonprogo berada di bawah 100 kasus.

"Pada Sabtu tercatat sebanyak 76 kasus dan Minggu sebanyak 44 kasus. Terjadi penurunan kasus positif Covid-19 harian di kabupaten Kulonprogo secara signifikan," imbuh Baning.

BACA JUGA: Anggota DPRD Bantul Dipukul hingga Berdarah Saat Melerai Tetangga Bertengkar! Massa Kepung Polsek

Kasus kematian akibat Covid-19 di kabupaten Kulonprogo berdasarkan data kumulatif pada Minggu (22/8/2021) tercatat sebanyak 393 dengan angka pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri sebanyak 1.440 orang.

"Penerapan PPKM level empat dan upaya masyarakat di kabupaten Kulonprogo dalam melakukan protokol pencegahan penularan Covid-19 secara disiplin menjadi faktor penurunan kasus positif Covid-19 harian. Kami berharap agar masyarakat terus menjaga protokol Covid-19," ujar Baning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penetapan Pilpres oleh KPU, Gibran: Nanti Ada Beberapa Pertemuan

News
| Selasa, 23 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement