Menguatkan Sikap Nasionalisme Siswa SD MP3 dalam Momentum Kemerdekaan

Kemeriahan peringatan Hari Kemerdekaan RI oleh siswa SD MP3 Yogyakarta - Ist
28 Agustus 2021 16:27 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Momentum Hari Kemerdekaan RI yang selalu diperingati setiap bulan Agustus sejatinya mampu menggugah semangat rakyat Indonesia untuk tetap mempertahankan kemerdekaan.

Bagi SD MP3 Yogyakarta, mempertahankan kemerdekaan bukan sekadar memotivasi siswa untuk rajin belajar namun lebih dari itu selalu menanamkan sikap nasionalisme pada diri siswa sehingga mampu menumbuhkan sederet karakter yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sikap patriotisme, sportif, religius, jujur, saling menghargai, bekerjasama dan tangguh merupakan karakter yang mampu melekat pada diri siswa selama dipupuk dan dirawat dengan baik.

"Salah satu cara memupuk dan merawatnya yakni dengan mengadakan lomba semarak kemerdekaan. Setiap siswa berhak mengikuti ajang lomba yang diadakan oleh sekolah untuk merebutkan berbagai macam hadiah hiburan dan uang pembinaan," kata Rani Hidayatun selaku Plh SD MP3 Yogyakarta dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (28/8/2021). 

Adapun macam-macam lomba yang diadakan meliputi lomba baca puisi, menyanyikan lagu kemerdekaan, lomba kreasi video kemerdekaan serta lomba poto bertema kemerdekaan, tambahnya.

Sedangkan kata Rina Suci Wulandari selaku Koordinator Kurikulum mengatakan bahwa lomba-lomba yang diikuti oleh siswa akan diupload pada media sosial sekolah seperti di FB, IG dan YouTube.

Menurut Endah Ismawati, selain menyemarakkan kemerdekaan, lomba tersebut diharapkan mampu menunjukkan eksistensi SD MP3 Yogyakarta agar semakin dikenal oleh masyarakat luas. Sebab mulai tanggal 1 September 2021, informasi PPDB untuk tahun 2022/2023 sudah mulai dibuka secara resmi. Harapannya orangtua yang memiliki anak usia TK B atau minimal umur 6 tahun perbulan Juli 2022 bisa segera mendaftarkan diri karena kuota terbatas hanya 3 kelas.

Untuk sementara sudah ada 5 siswa yang indent. Diharapkan setelah secara resmi dibuka informasi PPDB pada awal September nanti, semakin banyak orangtua yang antusias menjadikan SD MP3 rujukan untuk sekolah anak-anaknya, sebab target kuota terpenuhi akhir bulan Desember 2021. (ADV)