Advertisement

Sebulan, LKNU DIY Sasar 13.221 Warga untuk Divaksin

Sirojul Khafid
Senin, 30 Agustus 2021 - 11:17 WIB
Sunartono
Sebulan, LKNU DIY Sasar 13.221 Warga untuk Divaksin Suasana vaksinasi oleh LKNU DIY . - ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JETIS – Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU DIY) telah menggelar vaksinasi dengan menyasar 13.221 warga DIY selama 8-29 Agustus 2021. Adapun sasaran kegiatan yang bertajuk Vaksinasi Merdeka ini adalah warga yang tinggal di wilayah DIY. Tidak hanya warga ber-Nomor Induk Kependudukan (NIK) DIY, sasaran juga untuk warga luar seperti mahasiswa, anak sekolah, pekerja, santri, dan lainnya.

Menurut Ketua Pelaksana Vaskinasi Merdeka LKNU DIY, H. Ahmad Ali Mahfud, sebaran dosis sebagai upaya pemerataan vaksinasi yang berdomisili di DIY. Selama ini dia sering menerima laporan apabila warga ber-NIK luar DIY susah mendapatkan vaksin. Sementara Ali berpendapat apabila vaksin merupakan pelindung pertama dari Covid-19.

Advertisement

BACA JUGA : Sakit Perut Setelah Vaksinasi, Warga Bantul Meninggal Kecelakaan

“Vaksinasi ini merupakan upaya kita untuk melindungi diri sendiri, seperti halnya sedang berkendara menggunakan helm. Tidak akan menghindarkan kita dari kecelakaan, tetapi dapat mengurangi risiko yang lebih berbahaya. Oleh sebab itu, semakin banyak masyarakat yang tervaksin, semakin kecil risiko kita terdampak Covid-19,” kata Ali yang juga Kepala Balai Kesehatan Masyarakat (BKM) Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/8/2021).

Vaksinasi dari LKNU DIY sejauh ini tergolong lancar. Hal ini merupakan upaya LKNU dalam melayani masyarakat. Tidak hanya dalam internal organisasi, LKNU juga bekerja sama dengan pihak lain dalam penyelenggaraan. Ali berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat seperti kepolisian, dinas kesehatan, pondok pesantren, dan lainnya di seluruh DIY.

Adapun relawan yang terlibat di antaranya Pengurus Wilayah NU DIY, Pengurus Cabang NU (PCNU) Kota Jogja, PCNU Bantul, PCNU Sleman, PCNU Gunungkidul, PCNU Kulonprogo. Adapula lembaga dan badan otonom (banom) di bawah pengurus NU di seluruh DIY.

BACA JUGA : GIPI DIY Dukung Percepatan Vaksinasi

Setelah menyelesaikan putaran pertama vaksinasi pada 8-29 Agustus 2021, putaran kedua akan berlangsung bulan depan. “Putaran kedua untuk distribusi vaksin dosis dua akan dimulai 5 September 2021. Pengumumannya bisa dilihat di situs web gushilmy.id dan akun Instagram @sahabatgushilmy,” kata Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement