PbM UPN Veteran Dampingi Anak Panti Asuhan Putra Sancta Maria Boro, Kulonprogo

Kegiatan PbM UPN Veteran Yogyakarta di Panti Asuhan Putra Sancta Maria Boro, Samigaluh, Kulonprogo. - Istimewa
30 Agustus 2021 21:12 WIB Yudhi Kusdiyanto Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Tim Pengabdian bagi Masyarakat (PbM) UPN Veteran Yogyakarta yang diketuai Frans Richard Kodong dengan anggota A.Y.N. Warsiki dan dibantu dua orang mahasiswa menggelar pendampingan untuk anak-anak di Panti Asuhan Putra Sancta Maria Boro, Samigaluh, Kulonprogo.

Selain pendampingan untuk anak-anak panti asuhan, pendampingan kewirausahaan juga diberikan kepada para pengelola, yakni kegiatan wirausaha produksi sirup markisa. Pelatihan pembuatan sirup markisa dipilih karena bahan baku sudah dibudidayakan di kebun sekitar panti asuhan.

Ketua tim PbM UPN Veteran Yogyakarta, Frans Richard Kodong mengatakan untuk pelatihan produksi sirup markisa, proses produksi maupun sarana dan prasarana masih menggunakan dapur Panti Asuhan Putra Sancta Maria Boro. “Kegiatan PbM dimulai sejak April 2021 dan kami laksanakan selama enam bulan,” katanya dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Senin (30/8/2021).

Penjualan sirup markisa, menurut Frans Richard Kodong, masih dilakukan secara terbatas yakni dijual kepada pengunjung dan keluarga besar pengelola panti asuhan. “Kami juga mencoba mengembangkan promosi dan pemasaran secara online,” katanya.

Menurutnya, saat ini pengelola panti asuhan masih membutuhkan pengembangan situs web, sarana dan prasarana serta pengetahuan wirausaha agar usaha ini dapat berkembang lebih baik. “Untuk promosi dan pemasaran, pengelola panti asuhan membutuhkan media pemasaran yang murah, mudah, informatif dan mampu menjangkau pasar secara luas. Pada akhirnya, peningkatan jumlah penjualan diharapkan dapat meningkatkan kesejateraan warga,” katanya.

Selain mendukung sektor usaha panti asuhan, PbM juga memberikan bimbingan dan konseling agar anak-anak panti asuhan dapat memenuhi kebutuhan pribadi secara utuh baik jasmani, mental, dan spritual.