Bantul Kebut Pembangunan Taman Budaya Rp150 Miliar di Pajangan

Ilustrasi. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
31 Agustus 2021 15:57 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Pemkab Bantul terus mengebut pembangunan Taman Budaya Bantul (TBB), di Sedangsari, Pajangan, Bantul.

Setelah membebaskan lahan seluas 5 hektare dari 19 pemilik tanah lama, saat ini Pemkab tinggal menunggu proses pengesahan balik nama lahan tersebut.

"Proses di BPN. Mungkin sebulanan. Nanti lahannya akan atas nama Pemkab Bantul," kata Kundha Kabudayan Bantul Nugroho Eko Setyanto, Selasa (31/8/2021).

Pemkab menggunakan pencairan tahap pertama anggaran dari dana keistimewaan (danais) untuk membeli tanah. Pemkab juga terus merampungkan detail engineering design pembangunan TBB.

TBB akan merealisasikan konsep catur gatra tunggal yang meliputi elemen religi yang diwujudkan dengan keberadaan masjid.

Alun-alun sebagai tempat interaksi akan diwujudkan dalam bentuk plaza.  Di samping itu akan ada pendopo sebagai implementasi pusat pemerintahan dan pusat UMKM sebagai bentuk dari konsep perekonomian.

Konsep ini telah masuk dalam DED dan tengah disusun oleh Pemkab Bantul.

Pemkab memastikan proyek pembangunan bertaraf internasional itu menelan anggaran lebih dari Rp150 miliar itu menggunakan dana keistimewaan.

Penyusunan DED dan masterplan menggunakan APBD Bantul 2021.

“Tempat ini nantinya tidak hanya sebagai lokasi menggelar pertunjukan seni dan budaya tingkat lokal dan nasional. Akan tetapi juga internasional," papar  Nugroho.

TBB diharapkan mampu menjadi rumah untuk seniman.