Ribuan Pasien Masih Dirawat, Ini Data Terbaru Covid-19 di Sleman

Ilustrasi. - Freepik
01 September 2021 22:07 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Cahya Purnama mengatakan kasus aktif Covid-19 di Sleman saat ini sebanyak 6.131 kasus.

Rinciannya, sebanyak 1.021 pasien dirawat di rumah sakit, 33 pasien berada di Isoter dan 5.077 pasien menjalani isolasi mandiri. "Kasus sembuh di Sleman 83 persen masih dibawah rata-rata nasional sementara kasus meninggal 4,4 persen masih di atas rata-rata nasional," katanya, Rabu (1/9/2021).

Oleh karenanya, kata Cahya, Dinkes terus menguatkan beberapa aspek dalam penanganan Covid-19. Mulai dari kegiatan vaksinasi hingga testing dan tracing yang lebih tinggi dan penerapan protokol kesehatan lebih ketat. "Testing mingguan di Sleman juga meningkat sampai akhir Agustus ini 1.355 kasus. Kami tetap harus berhati-hati menghadapi lonjakan kasus supaya tidak berakibat fatal," katanya.

Meski begitu ia mengakui beberapa rumah sakit melakukan efisiensi tugas SDM yang sebelumnya menangani pasien Covid-19 ke pasien non Covid-19. Hal ini seiring dengan turunnya pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit. "Misalnya di RSUD Sleman Nakes yang sebelumnya bertugas di bangsal Covid-19 saat ini dipindah ke penanganan non Covid-19," katanya.

BACA JUGA: Covid-19 DIY Bertambah 470 Kasus Sehari, Bantul Kembali Mendominasi

Sekda Sleman Harda Kiswaya menegaskan saat ini Sleman masih masuk PPKM level 4 sehingga kebijakan yang diterapkan Pemkab masih sama. "Kami tidak kendor dengan upaya mendisiplinkan masyarakat agar bisa segera turun level. Vaksinasi terus kami tingkatkan agar Sleman bisa turun level," katanya.