Advertisement

Polisi Bekuk Pelaku Penipuan Berkedok Jual Beli Sapi

David Kurniawan
Kamis, 02 September 2021 - 07:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Polisi Bekuk Pelaku Penipuan Berkedok Jual Beli Sapi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Jajaran Unit Reskrim Polsek Purwosari berhasil mengungkap kasus penipuan berkedok jual beli sapi dengan tersangka Par,38, warga Hargosari, Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul. Total kerugian dalam penipuan ini mencapai puluhan juta rupiah.

Kapolsek Purwosari AKP Ismanto mengatakan, kasus penipuan ini bermula laporan dari warga di Dusun Sumur, Giripurwo, Purwosari. Adapun modusnya dengan membawa sapi milik lima orang warga. “Sapi-sapinya dibawa tapi tersangka belum memberikan uang seperti yang dijanjikan sehingga melaporkan kasus ini ke polsek,” kata Ismanto kepada wartawan, Rabu (1/9/2021).

Advertisement

Dia menjelaskan, kelima warga yang tertipu di antaranya Subarjo kehilangan dua ekor sapi dengan kerugian sekitar Rp45 juta. Jumidi dengan seekor sapi seharga Rp15,8 juta; Sawab, seekor sapi seharga Rp18 juta. Sedangkan dua lainnya, yakni Budi pemilik seekor sapi seharga Rp19,5 juta dan Arif yang kehilangan sapi seharga Rp15 juta.

“Penipuan dilakukan tersangka dalam retang waktu 29 Juni hingga 22 Juli lalu. Atas laporan dari warga kami pun mulai menyelidiki kasus ini,” katanya.

Baca juga: Jalur Wisata di DIY Kembali Diperketat, Ini Penyebabnya

Setelah melakukan pemeriksaan dan penyelidikan mulai ada titik temu sehingga dilakukan penangkapan terhadap Par pada Minggu (29/8/2021). Tersangka dapat diringkus saat bersembunyi di salah satu kos-kosan di wilayah Bantul.

“Dia sering berpindah-pindah mulai dari Klaten, Magelang hingga Bantul,” katanya.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan satu unit sepeda motor Honda Vario, handphone dan tiga utas tali sapi. “Masih kami kembangkan tentang kemungkianan penipuan di daerah lain,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement