Disebut Jadi Satu-satunya Wilayah Zona Merah Covid di Jawa, Kulonprogo Bingung

Ilustrasi - Antara/Mohammad Ayudha
02 September 2021 19:47 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo berupaya untuk berkoordinasi dengan Pemda DIY terkait dengan status Bumi Binangun yang dinyatakan sebagai satu-satunya wilayah zona merah penularan Covid-19 di Pulau Jawa.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, Fajar Gegana mengaku koordinasi dengan Pemda DIY khususnya BPBD DIY dilakukan untuk mengkonfirmasi data dari Pemerintah Pusat melalui covid19.go.id yang menyatakan Kulonprogo menjadi satu-satunya wilayah zona merah di Pulau Jawa. "Sekda DIY belum tahu tentang kondisi ini [Kulonprogo menjadi satu-satunya kabupaten zona merah di Pulau Jawa]," kata Fajar saat dikonfirmasi, Kamis (2/9/2021).

BACA JUGA: Pekan Depan DIY Uji Coba PTM, Ini Syaratnya

Gugus Tugas, menurut Fajar, akan memberikan informasi beserta data valid mengenai kasus Covid-19 di Kulonprogo secara detail. Upaya tersebut dilakukan untuk mengkonfirmasi data yang disampaikan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pusat. "Kami follow up ke BPBD DIY dengan harapan data yang ada disampaikan ke BNPB. Ini langkah yang kami tempuh," kata Fajar.

Menurut Fajar, pemberitaan mengenai Kulonprogo menjadi satu-satunya kabupaten zona merah di Pulau Jawa cukup meresahkan masyarakat.

Berdasarkan pantauan Harian Jogja, melalui laman https://covid19.go.id/peta-risiko, Kamis, Kulonprogo masih berstatus zona merah penularan Covid-19 sekaligus menjadi satu-satunya wilayah kabupaten berstatus zona merah di Pulau Jawa.

Ihwal status zona merah yang disandang Kulonprogo juga menjadi sorotan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo. Kepala Dinkes Kulonprogo, Sri Budi Utami mempertanyakan data yang disajikan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pusat. Menurutnya, kasus positif Covid-19 harian di Bumi Menoreh terus menurun signifikan.

"Berdasarkan hasil komparasi atau asesmen dari Kementerian Kesehatan dengan empat kabupaten dan kota di DIY, Kulonprogo justru berada di level tiga. Kami tak tahu penyataan Kulonprogo menjadi wilayah zona merah satu-satunya di DIY dasarnya apa," kata Sri Budi.