IPL Tol Jogja-Bandara YIA Segera Diterbitkan

Ilustrasi - Antara/Asprilla Dwi Adha
03 September 2021 15:47 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY segera menerbitkan satu dari dua izin penetapan lokasi (IPL)) untuk Tol Jogja-Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dalam waktu dekat sehingga pengerjaan fisik bisa segera dimulai.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara mengatakan IPL Tol Jogja-Bandara tidak dijadikan satu tetapi dua, salah satu di antaranya sedang dalam proses di Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY. “Sementara yang satu lagi masih dalam perbaikan,” kata Baskara Aji, saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Jumat (3/9/2021).

Baskara Aji mengatakan IPL Tol Jogja-Bandara dijadikan dua supaya yang sudah selesai gambarnya dan tidak ada persoalan lain termasuk bisa segera dieksekusi. Sementara bagian yang belum selesai gambarnya atau masih punya persoalan lahan bisa diselesaikan terlebih dahulu.

“Berubah-ubah itu ada dua macam, masih negosiasi pemilik lahan dan juga mengantisipasi kondisi yang ada di pengelola supaya lebih dekat, lebih biaya murah, baru dalam proses,” ujar Baskara Aji.

Namun, Baskara Aji tidak merinci bagian mana IPL yang sedang dalam proses maupun yang masih dalam perbaikan. Pemda DIY masih menunggu informasi dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang. “Kedua IPL belum terbit, tapi salah satunya dalam proses,” ucap dia.

Sementara, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dian Hardiyansyah menyatakan IPL tol Jogja-Bandara masih dalam proses. “Untuk update-nya masih sama seperti kemarin-kemarin, dokumen perencanaan teknisnya masih dalam proses approval,” kata Dian, melalui pesan singkat.