Advertisement

Uji Coba Pembukaan Objek Wisata Taman Pintar Dialihkan ke Gembira Loka Zoo

Newswire
Jum'at, 10 September 2021 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Uji Coba Pembukaan Objek Wisata Taman Pintar Dialihkan ke Gembira Loka Zoo Wisatawan di Gembiraloka Zoo. - Harian Jogja/ I Ketut Sawitra Mustika

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Uji coba protokol kesehatan pembukaan destinasi wisata di Kota Jogja yang semula akan dilakukan di Taman Pintar Yogyakarta dialihkan ke GL Zoo sembari menunggu review dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Yang segera dibuka untuk uji coba adalah GL Zoo karena destinasi wisata tersebut sudah mendapat verifikasi kelayakan penerapan protokol kesehatan," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Jogja, Jumat (10/9/2021).

Advertisement

Selain itu, GL Zoo Yogyakarta juga sudah mendapat sertifikat CHSE (clean, healthy, safe, and environmentally sustainable) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menjadi syarat uji coba pembukaan destinasi wisata.

Kedua destinasi wisata tersebut, Taman Pintar dan GL Zoo, lanjut Heroe, sebenarnya sudah mengantongi verifikasi kelayakan protokol kesehatan dari Pemerintah Kota Yogyakarta yang dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata.

BACA JUGA: Update 10 September: Positivity Rate Covid-19 di DIY Terus Turun Tinggal 3,79 Persen

"Secara umum, Taman Pintar pun sudah memiliki standar protokol kesehatan yang baik. Hanya saja, di dalam PPKM perlu mendapat review dari Kemenparekraf. Ditunggu saja, mudah-mudahan bisa segera dibuka," katanya.

Untuk destinasi wisata lain yang belum memiliki sertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, diminta untuk segera mengurus sertifikasi tersebut meskipun sudah memperoleh verifikasi protokol kesehatan dari Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

"Pada masa pandemi dan PPKM seperti sekarang ini, CHSE menjadi syarat untuk membuka destinasi wisata. Saya minta, semua industri jasa pariwisata untuk segera memproses CHSE," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, apabila kegiatan pariwisata sudah kembali dibuka secara penuh, maka seluruh destinasi wisata termasuk industri jasa pariwisata di Kota Yogyakarta sudah siap.

Sementara itu, Marketing GL Zoo Yosi Hermawan mengatakan, meski sudah ditunjuk sebagai salah satu tempat uji coba penerapan protokol kesehatan pembukaan destinasi wisata, namun belum mendapat kejelasan mengenai waktu pelaksanaannya.

"Untuk pembukaan destinasi wisata kami belum tahu akan dilaksanakan kapan. Masih menunggu arahan berikutnya," katanya.

Saat ini, manajemen kebun binatang tersebut juga sedang menunggu QR Code yang nantinya bisa dipindai oleh pengunjung melalui aplikasi Peduli Lindungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Driver Pelaku Pemerasan Grab Car Ditangkap, Begini Kronologi Aksinya...

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement