Lomba Otomasi SMK-SMTI Yogyakarta Membuka Potensi Kerja  

Ening Kaekasiwi (paling kanan), Muhammad Hilmi Fattah (ketiga dari kanan) dan Miman Husain (kelima dari kanan) dalam acara penyerahan hadiah Lomba Otomasi Teknik Mekatronika di SMK-SMTI Yogyakarta, Selasa (14/9). (Harian Jogja - Sirojul Khafid)
15 September 2021 07:07 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA–Sekolah Menengah Kejuruan-Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMK-SMTI) Yogyakarta memperkuat kerja sama dengan PT. Toyota Boshoku Indonesia.

Kali ini kerja sama berbentuk Lomba Otomasi Teknik Mekatronika dalam internal SMK-SMTI Yogyakarta. Ada 30 peserta didik kelas 12 dan 13 jurusan tersebut yang mengikuti lomba.

Setelah melakukan berbagai seleksi dari tes aplikasi daring, tes wawancara daring, sampai perlonbaan praktek pada 8 September 2021, keluar lima besar pemenang.

Menurut Section Head HRD PT. Toyota Boshoku Indonesia, Miman Husain, para pemenang akan mendapat kesempatan magang di perusahaannya. Selain itu, ada pula potensi untuk bekerja di perusahaan tersebut setelah lulus.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas terselenggaranya skill contest yang memang cukup spontan ini. Kami ingin mencari bakat, khususnya di bagian maintenance. Kerja sama ini sebagai upaya untuk bisa meningkatkan dari sisi kualitas maupun teknologi,” kata Miman di SMK-SMTI Yogyakarta, Selasa (14/9).

Dari perlombaan ini, awalnya PT. Toyota Boshoku Indonesia akan mengambil empat orang yang bisa magang di bagian maintenance. Namun ada peningkatan permintaan menjadi enam orang. Meski begitu, sepuluh besar peserta lomba akan mendapat perhatian dari perusahaan, dengan magang di bidang lain dalam lingkup PT. Toyota Boshoku Indonesia.

“Mudah-mudahan para siswa terus termotivasi sehingga ada kemajuan bersama. Kesempatan magang ini juga bentuk dukungan industri pada pemerintah,” kata Miman.

Sejak Oktober 2020 sampai saat ini, PT. Toyota Boshoku Indonesia telah menerima 39 peserta didik dari SMK-SMTI Yogyakarta untuk progam magang. Sebanyak 22 peserta didik sudah selesai menjalani magang. Sementara 12 orang sudah mendapat kontrak untuk bekerja. Berarti ada sekitar 31% dari jumlah peserta didik yang masuk sebagai magang kemudian diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Potensi Kerja

Menurut Kepala SMK-SMTI Yogyakarta, Ening Kaekasiwi, kerja sama dengan PT. Toyota Boshoku Indonesia dengan jurusan Teknik Mekatronika akan terjalin pada akhir tahun ini. Jurusan ini sudah ada sejak 2016. Ening menyambut baik dan terbuka akan potensi kerja sama yang semakin kuat ini.

“Ini adalah awal dari kerja sama, dengan lomba mencari bakat-bakat yang kemudian bisa melaksanakan program-program lain di Toyota. Kami berharap semoga awal baik ini bisa bekelanjutan hingga ada beberapa kegiatan yang bisa bekerja sama,” kata Ening.

Selain itu, Ening juga mengucapkan selamat kepada para peserta yang menang. Para pemenang ini merupakan pelajar yang berani keluar dari zona nyaman.

“Keluar dari zona nyaman agar bisa tahu siapa dirimu sebenarnya. Apresiasi dan selamat kepada 30 peserta lomba yang membuat kami berbangga. Tetap lanjutkan belajar dan jangan berhenti sampai situ. Negara butuh anak-anak seperti kalian,” kata Ening.

Juara satu lomba, Muhammad Hilmi Fattah dari kelas XIII Teknik Mekatronika B merasa senang dengan sesuatu yang dia raih. “Pertama senang karena menang lomba, kedua saya senang bisa gabung ke perusahaan dan ditempatkan di bagian maintenance. Ke depan harapannya bisa melanjutkan bekerja di sana,” kata Fattah.