Pekan Ini Siswa SD & SMP di Jogja Sudah Sekolah Tatap Muka

Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
15 September 2021 21:27 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA– Pemerintah Kota Jogja berencana melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mulai pekan depan. Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, hal ini serentak dengan PTM yang dilaksanakan Pemda DIY.

Sejauh ini, sekolah dan tenaga pendidik sudah siap melaksanakan PTM. “Permintaan izin orang tua juga udah siap, koordinasi dengan Pemda DIY untuk bareng-bareng melaksanakan PTM,” kata Heroe, Rabu(15/9/2021).

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Jogja pada Juli 2021 lalu telah melakukan survei pada orang tua peserta didik. Hasilnya menunjukan 62 persen responden ingin PTM segera berlangsung. Bagi orang tua yang belum memberikan izin untuk PTM, sekolah juga menyediakan pembelajaran daring.

Meski PTM baru pekan depan, saat ini sekolah SD dan SMP di Kota Jogja sedang fokus dalam penilaian tengah semester dan asesmen nasional. Menurut Kepala Disdikpora Jogja, Budi Ashrori, beberapa sekolah melaksanakan penilaian tengah semester dengan luring dan daring.

BACA JUGA: Apa itu Kiamat Internet? Penyebab dan Dampaknya Bagi Manusia

"Saya kira untuk pekan ini masih banyak sekolah yang fokus pada pelaksanaan penilaian tengah semester dan gladi resik asesmen nasional. Dimungkinkan pembelajaran tatap muka akan dilakukan pekan depan," kata Budi. "Ada beberapa siswa yang datang ke sekolah dan justru bisa menjadi bagian dari pra-simulasi PTM."

Budi juga menekankan sekolah sudah siap melaksanakan PTM. Semua proses akan menekankan pada protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, vaksinasi untuk peserta didik berusia 12 tahun ke atas telah lebih dari 85 persen. Sementara vaksinasi untuk tenaga pendidik dan karyawan sekolah sudah mencapai 95 persen.