Pelaku Penjualan Berlian Palsu Beraksi di Bandara YIA

Ilustrasi. - Freepik
19 September 2021 23:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Tiga tersangka penipuan dengan modus menjual berlian palsu ditangkap Satreskrim Polres Kulonprogo. Pelaku menjalankan aksinya di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Satu pelaku masih buron dan dalam pencarian petugas.

Kapolres Kulonprogo AKBP Muharomah Fajarini mengatakan pelaku yang buron diketahui berinisial RH, 40 asal Jember, Jawa Timur. Sedangkan, tiga pelaku yang ditangkap polisi di antaranya DWN, 30 pria asal Klaten, Jawa Tengah, AS, 46, pria asal Klaten, Jawa Tengah, PUR, 50 pria asal Kediri, Jawa Timur.

"Korbannya sendiri adalah Budi Wiyono, 45, warga Kutai Timur, Kalimantan Timur. Korban merupakan salah seorang penumpang pesawat di YIA. Kerugian yang diderita oleh korban sebanyak Rp6,1 juta. Korban diminta untuk membeli berlian palsu dari para pelaku," kata Fajarini pada Minggu (19/9/2021).

Dalam menjalankan aksinya, pelaku berbagi peran. Pelaku PUR dan AS mencari target di Bandara YIA serta melakukan pendekatan terlebih dahulu kepada korbannya ketika naik bus Damri menuju Terminal Giwangan. Sedangkan, pelaku DWN dan RH bertugas untuk menunggu di terminal dan bertugas membujuk korban membeli berlian palsu.

BACA JUGA: Temukan Bekas Sidik Jari, Polisi Buru Pelempar Bom Molotov LBH Jogja

"Pelaku ditangkap oleh polisi dibantu dengan petugas Bandara YIA pada tanggal 9 September 2021 silam. Sedangkan, dalam melaksanakan aksinya pelaku beraksi pada 25 Agustus 2021 lalu," terang Fajarini.

Terkait dengan adanya kejahatan di bandara, Manager Airport Security Protection YIA Jemmy J Pongoh mengatakan jawatannya akan lebih memperketat pengawasan kepada setiap orang agar kasus serupa tidak terulang.

"Kami terus bekerja sama dengan Polres Kulonprogo agar tindak kriminalitas di wilayah bandara YIA mampu ditekan. Sehingga, penumpang bisa nyaman saat berada di Bandara YIA," kata Jemmy.