Puluhan Ribu Dosis Vaksin Moderna Disiapkan untuk Masyarakat Umum di Kulonprogo

Ilustrasi. - Freepik
20 September 2021 20:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Puluhan ribu dosis vaksin Covid-19 jenis Moderna disiapkan bagi masyarakat umum di wilayah kabupaten Kulonprogo. Vaksinasi Covid-19 jenis Moderna bagi masyarakat umum diharapkan mampu mempercepat pencapaian herd immunity atau kekebalan kelompok di wilayah Bumi Binangun.

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Sri Budi Utami mengatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan jenis vaksin Moderna kepada masyarakat umum dilakukan di kabupaten Kulonprogo sejak Sabtu (18/9/2021) lalu di RSUD Wates.

"Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Moderna yang diperuntukkan kepada masyarakat umum dilakukan di RSUD Wates. Sebanyak 200 masyarakat telah menerima vaksinasi Covid-19 jenis Moderna," kata Sri Budi pada Senin (20/9/2021).

Baca juga: Luhut Umumkan PPKM Berlanjut tapi Tak Ada Daerah di Jawa-Bali Berstatus Level 4

Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat umum di wilayah kabupaten Kulonprogo dengan menggunakan vaksin buatan negeri Paman Sam sendiri mulai digencarkan. Total vaksin Covid-19 jenis Moderna yang diperuntukkan bagi masyarakat di wilayah kabupaten Kulonprogo sebanyak 15.000 dosis vaksin.

"Mekanisme penggunaan vaksin Covid-19 jenis Moderna juga hampir sama dengan vaksin Covid-19 varian lainnya ya. Dosis yang digunakan sebanyak dua kali. Tenggat waktu antara dosis pertama dan kedua adalah sekitar empat Minggu," ujar Sri Budi.

Lebih lanjut, Dinas Kesehatan Kulonprogo juga terus melakukan pemantauan terhadap kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) bagi masyarakat yang telah menerima vaksinasi Covid-19 jenis Moderna. Hasilnya, tidak ada KIPI serius yang terjadi kepada masyarakat pasca menerima suntikan vaksin Covid-19 jenis Moderna.

Baca juga: Pemerintah Tegaskan Tak Ada Perekrutan CPNS Guru pada 2022

"Mekanisme pengawasannya sama dengan vaksin Covid-19 jenis lainnya. Pengawasan KIPI tetap kita lakukan secara ketat. Alhamdulillah, berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kulonprogo tidak ada KIPI serius yang terjadi kepada masyarakat pasca menerima suntikan vaksin Covid-19 Moderna," terang Sri Budi.

Merujuk data dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, total pencapaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama di wilayah bumi binangun mencapai 235.420 atau sekitar 68,69 persen. Sedangkan, dosis kedua mencapai 103.445 atau sekitar 30,19 persen.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan total target angka vaksinasi Covid-19 di wilayah kabupaten Kulonprogo mencapai 342.720. Jawatannya terus berusaha untuk melakukan vaksinasi Covid-19 di tingkat kalurahan, kapanewon.

"Bagi masyarakat di wilayah kabupaten Kulonprogo, yang belum menerima vaksin Covid-19, harapannya terus mendaftarkan diri untuk menerima suntikan vaksin Covid-19 agar herd immunity atau kekebalan kelompok mampu dicapai oleh kabupaten Kulonprogo. Resiko terpapar Covid-19 juga bisa diminimalisir," ujar Baning.