Pemkot Jogja Tak Pindahkan Bed Covid-19 untuk Pasien Umum, Ini Alasannya

Foto Ilustrasi. - Antarafoto/Oky Lukmansyah
21 September 2021 21:27 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Pemerintah Kota Jogja belum memindahkan bed rumah sakit pasien Covid-19 untuk pasien umum, meski kasus Covid-19 terus menurun.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengungkap alasannya adalah pengondisian terkait ketentuan 30 persen kamar di rumah sakit untuk pasien Covid-19.

“Kami sifatnya masih antisipasi menyiapkan persediaan bed yang memadai. Meskipun kasus sudah menurun, dan vaksinasi juga sudah masif, tetapi kami harus mengupayakan agar kasus tidak naik lagi,” kata Heroe, Selasa (21/9/2021).

Upaya pencegahan kenaikan kasus dengan cara memperketat pelaksanaan prokes dan pengaturan mobilitas. Selain itu, Pemerintah Kota Jogja akan memperbanyak juga tracing dan testing. Selain itu, hal yang penting lainnya berupa kesiapan shelter dan isoter maupun ketersediaan bed rumah sakit.

“Hal-hal demikian harus tetap dijaga, agar setiap ada pertumbuhan kasus, meskipun kecil bisa segera dilakukan tindakan untuk mengisolasi yang terpapar dan yang kontak erat, serta mengamankan dengan penyekatan wilayah,” kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja.