Dua Tahun Reformasi Dikorupsi, Forum Aksi UGM Heningkan Cipta

Forum Aksi UGM menggelar aksi peringatan dua tahun Reformasi Dikorupsi, di bundaran UGM, Kamis (23/9/2021)-Harian Jogja - Lugas Subarkah
23 September 2021 22:37 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Memperingati dua tahun aksi nasional Reformasi Dikorupsi, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Aksi UGM menggelar aksi Perkabungan Politik dengan mengheningkan cipta dan menyalakan lilin di bundaran UGM, Kamis (23/9/2021).

Penanggungjawab Forum Aksi UGM, Faza Sidiq, menjelaskan pada Reformasi Dikorupsi 2019 lalu sebanyak lima orang kehilangan nyawanya ketika mengikuti aksi. Satu dari lima orang tersebut merupakan pelajar berusia 15 tahun, Bagus Putra Mahendra, yang tertabrak ketika sedang berdemo.

"Kami dari Forum Aksi UGM bertujuan mengingatkan bahwa kelima nyawa orang ini tidak hilang sia-sia, dan dua tahun setelah itu dari semua tuntutan di reformasi yang di korupsi tidak ada satu pun yang kunjung diwujudkan oleh pemerintah," ujarnya.

Aksi peringatan Reformasi Dikorupsi ini berlangsung mulai pukul 16.00 WIB dengan dresscode masa aksi berwarna hitam. Diawali dengan orasi, aksi dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan menyalakan lilin.

"Di akhir acara ada penyalaan lilin dan penandatanganan semacam petisi untuk mendukung pengusutan kelima korban tersebut yang masih belum jelas sampai saat ini," katanya.

Melalui aksi ini Forum Aksi UGM juga mendesak pemerintah untuk segera melaksanakan tujuh tuntutan dari aksi nasional Reformasi Dikorupsi 2019 lalu dan mengusut kejelasan hukum dari lima korban.

Aksi ini merupakan rangkaian pertama dalam Perkabungan Politik. Selanjutnya pada Sabtu (25/9/2021) malam akan dilakukan doa bersama lintas iman secara daring.