Advertisement

Dihalau Petugas, Ratusan Kendaraan Pengangkut Wisatawan Gagal ke Gunungkidul

Newswire
Minggu, 26 September 2021 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
Dihalau Petugas, Ratusan Kendaraan Pengangkut Wisatawan Gagal ke Gunungkidul Petugas jaga mengimbau dan meminta calon pengunjung putar balik pada saat akan masuk ke TPR Wediombo di Kalurahan Jepitu, Girisubo. Minggu (15/8/2021). - Ist/dok SAR Satlinmas Wilayah I DIY\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Sejumlah wisatawan masih nekat berwisata ke Gunungkidul meski objek wisata belum dibuka.

Kepolisian Resor Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menghalau sekitar 200 kendaraan roda empat hingga bus pariwisata yang nekat menerobos penjagaan untuk bisa masuk ke objek wisata meski sudah sudah diumumkan bahwa seluruh objek wisata ini masih tutup sementara sampai ada kebijakan dari pemerintah Pusat.

Advertisement

"Hari ini, ada sekitar 200 kendaraan yang akan menuju ke objek wisata pantai terpaksa kami minta putar balik karena objek wisata masih tutup sementara," kata Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Martinus Sakti di Gunungkidul, Minggu (26/9/2021).

Ia mengatakan kendaraan-kendaraan wisatawan tersebut berupaya mengelabui petugas dengan mencoba masuk lewat jalur tikus. Namun digagalkan oleh petugas yang berjaga di sana.

Selain menjaga pos pemungutan retribusi objek wisata, tim gabungan juga menjaga seluruh jalur tikus yang berpotensi menjadi jalan menuju objek wisata.

BACA JUGA: Ini 5 Museum Militer Paling Menarik di Dunia

"Di jalur tikus, petugas menangkap beberapa kendaraan yang mencoba masuk ke objek wisata. Namun, mereka tetap diminta putar balik," katanya.

Martinus mengatakan kebanyakan kendaraan yang berupaya masuk masuk objek wisata berasal dari luar daerah melihat dari plat nomornya.

Ia juga menyayangkan joki wisata masih beraksi, meski aparat sudah berpatroli untuk menangani para joki.

Jumlah kendaraan yang berupaya masuk ini mengalami peningkatan khususnya saat akhir pekan. Petugas gabungan pun sudah berupaya mencegah dengan penyekatan di sejumlah titik strategis jalur wisata.

"Joki yang menawarkan jalur alternatif juga kami edukasi agar tidak melakukan aksinya lagi," kata Martinus.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Harry Sukmono sebelumnya mengakui bahwa wisatawan yang mencoba datang semakin banyak. Terutama saat akhir pekan seperti ini.

"Kami sudah mempublikasikan informasi jika akses seluruh destinasi wisata di Gunung Kidul masih ditutup. Kami juga memperketat penjagaan jalan menuju objek wisata, khususnya jalur tikus bersama kepolisian dan Satpol PP. Kami berharap wisatawan memaklumi kebijakan ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement