Advertisement

STTAL Menggandeng Poltek SSN Dalam Pengembangan Prodi D3 Teknologi Pertahanan Siber STTAL

Media Digital
Rabu, 29 September 2021 - 04:37 WIB
Budi Cahyana
STTAL Menggandeng Poltek SSN Dalam Pengembangan Prodi D3 Teknologi Pertahanan Siber STTAL Perjanjian kerjasama antara Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) Bogor dengan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pada Rabu, 23 Juni 2021 telah dilaksanakan perjanjian kerjasama antara Politeknik Siber  dan Sandi Negara (Poltek SSN) Bogor dengan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut  (STTAL) Surabaya. Perjanjian kerjasama tersebut dilaksanakan secara daring dan ditandatangani oleh Nunil Pantjawati, B. Sc., M.E., selaku Direktur Poltek SSN dan Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., selaku Komandan STTAL.

Ruang lingkup kerjasama tentang pengembangan program dan fasilitas pendidikan bidang keamanan siber meliputi:

Advertisement

  • Asistensi Poltek SSN pada pengembangan program studi D3 Teknologi Pertahanan Siber di STTAL;
  • Pertukaran sumber daya manusia yang berkompeten di bidang keamanan siber antara Poltek SSN dan STTAL;
  • Saling mempublikasi karya tulis ilmiah di media literasi yang dimiliki oleh Poltek SSN dan STTAL;
  • Saling memanfaatkan fasilitas pendidikan yang dimiliki oleh Poltek SSN dan STTAL;
  • Asistensi Poltek SSN pada pengembangan laboratorium keamanan siber STTAL.

Perjanjian kerjasama antara Poltek SSN dan STTAL ini berlaku untuk jangka waktu lima tahun terhitung sejak tanggal ditandatangani dan dapat diperpanjang atau diperbaharui sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Latar belakang terjalinnya perjanjian kerjasama antara Poltek SSN dengan STTAL ini bermula pada bulan November 2019. Poltek SSN menerima kunjungan kerja tim STTAL untuk studi banding, kemudian dibulan Desember 2019, Poltek SSN berbalas kunjung untuk melakukan penjajakan kerja sama. Beberapa inisiatif, ide program dan rencana kerja sama tercipta melalui pertemuan tersebut. Tindak lanjut dari pertemuan antara Poltek SSN dan STTAL adalah digelarnya rapat konsorsium keilmuan dalam rangka pembukaan Program Studi Diploma III Teknologi Pertahanan Siber oleh STTAL. Poltek SSN mengapresiasi komitmen dan kesungguhan STTAL dalam menjawab tantangan dunia siber yang begitu cepat.  Dengan dibukanya Program Studi Diploma III Teknologi Pertahanan Siber, STTAL telah menciptakan lulusan yang selain dapat menjaga kedaulatan pada batas-batas maritim Indonesia, tetapi juga mampu dan ahli dalam teknologi pertahanan siber dalam menjaga kedaulatan dunia siber Indonesia yang tanpa batas.

Poltek SSN berharap perjanjian kerjasama dengan STTAL dapat berjalan dengan lancar demi terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi di masing-masing civitas akademika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement