Maksimalkan Peran PKK, Vaksinasi di Kota Jogja Ditargetkan Selesai Oktober

Vaksinasi pedagang Pasar Bantul pada Rabu (9/6/2021). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
29 September 2021 08:37 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA–Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja maksimalkan peran Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Jogja dalam kegiatan vaksinasi. Hal ini terutama dalam menyisir warga perempuan dan lanjut usia (lansia) penduduk Kota Jogja yang belum tervaksinasi. Mobil layanan vaksinasi juga akan diterjunkan untuk mendukung percepatan vaksinasi.

Pemkot Jogja menargetkan vaksinasi Covid-19 bagi warganya selesai pada Oktober 2021. Vaksinasi saat ini juga merupakan hasil penyisiran data sebelumnya dari tingkat Kemantren sampai Rukun Tetangga. “Vaksinasi target tuntas di Bulan Oktober. Jika terealisasi, Jogja akan menjadi kota pertama yang tuntas vaksinasi,” kata Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti dalam rapat koordinasi percepatan vaksinasi Covid-19 di Ruang Yudistira Kompleks Balai Kota Jogja, Selasa (28/9/2021).

Dalam rapat tersebut, Haryadi meminta laporan langsung dari para mantri pamong praja di 14 Kemantren di Kota Jogja terkait perkembangan realisasi vaksinasi Covid-19. Ada beberapa wilayah yang hampir menuntaskan vaksinasi Covid-19 seperti Kemantren Kotagede dengan capaian 99,32 persen, Gondokusuman 99,80 persen dan Pakualaman sebanyak 96,98 persen.

Haryadi mengapresiasi beberapa kemantren yang sudah hampir menuntaskan capaian sasaran vaksinasi Covid-19. Kemantren yang masih berproses pelaksanaan vaksinasi di wilayah diharapkan tetap mengawal sampai selesai. “Percepatan vaksinasi bisa kita lakukan dengan sungguh- sungguh,” katanya.

Baca juga: 5 Kecamatan di Gunungkidul Terbebas dari Corona

Adapun total realisasi vaksinasi Covid-19 penduduk di 14 kemantren Kota Jogja mencapai sekitar 250.020. Data tersebut terus bergerak karena kegiatan vaksinasi Covid-19 di wilayah kelurahan dan kemantren di Kota Jogja masih berproses. “Sudah ada arahan dari Presiden untuk menuntaskan vaksinasi. Stok vaksin di Kota Jogja masih mencukupi untuk menuntaskan warga kota yang belum vaksin,” kata Haryadi.

Dalam rapat ini pula, Haryadi menyerahkan gelang vaksin kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jogja, Tri Kirana Muslidatun. Gelang vaksin sebagai penanda warga sudah divaksin dan memudahkan warga saat berkegiatan di lingkungan Kota Jogja.

Tri Kirana mengatakan PKK turut komitmennya menuntaskan vaksinasi Covid-19 di Kota Jogja. Komitmen ini terutama untuk para perempuan dan penduduk lansia warga Kota Jogja. “Jumlah lansia di Kota Jogja tinggi sehingga kami mengupayakan menyisir lagi lansia yang belum tervaksin. Relawan perempuan digerakan dan bahkan melakukan penjemputan lansia untuk vaksinasi,” kata Tri Kirana.