Raih Paritrana Award, PUDAM Sleman Diminta Lebih Inovatif

Direktur PUDAM Tirta Sembada Sleman Dwi Nurwata (dua dari kiri) saat menerima kunci mobil dari Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo didampingi Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jateng DIY, Suwilwan Rachmat (paling kanan), Rabu (29/9/2021) - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
30 September 2021 06:37 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirta Sembada Sleman menerima Hadiah Paritrana Award 2020 untuk kategori Badan Usaha Skala Menengah. Penyerahan penghargaan secara simbolis digelar di Pendopo Parasamya Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Rabu (29/9/2021).

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jateng DIY, Suwilwan Rachmat mengatakan kegiatan Paritrana Award merupakan ajang apresiasi kepada pemerintah daerah dan para pelaku usaha yang memiliki komitmen serta dukungan terhadap pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Tahun ini, Paritrana Award telah memasuki tahun keempat sejak digelar 2017 lalu. Kegiatan ini diikuti oleh 34 provinsi, 514 Kabupaten/Kota, 143 Badan Usaha Skala Besar, 157 Badan Usaha Skala Menengah dan 34 UKM yang mewakili tiap provinsi. "Tahun ini, selain Pemda DIY, penerima penghargaan adalah PUDAM Sleman," kata Rachmat.

Ia mengatakan penghargaan yang diraih PUDAM Sleman merupakan penghargaan yang diberikan untuk kategori perusahaan menengah. "PUDAM Sleman sangat komit dalam melindungi karyawannya, terkait hal-hal perlindungan ketenagakerjaan. Tentu ini menjadi motivasi juga buat kami dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat khususnya di Sleman," katanya.

Baca juga: Sindikat Rokok Ilegal Gunakan Sel Mirip Jaringan Narkoba

Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Yogyakarta, Asri Basir mengatakan selain memberikan satu unit mobil Toyota, dalam kegiatan tersebut BPJamsostek juga menyampaikan secara simbolis santunan Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT) kepada ahli waris Muhammad Suhur sebeaar Rp57,7 juta dan Manto Raharjo, Satlinmas Kalurahan Pondokrejo, Tempel sebesar Rp42 juta.

"Pemerintah dan pemberi kerja berperan penting dalam melaksanajan program jaminan sosial ketenagakerjaan di setiap daerah. Ini semua bertujuan untuk melindungi seluruh tenaga kerja," katanya.

Direktur PUDAM Tirta Sembada Sleman Dwi Nurwata mengatakan hadiah mobil tersebut akan digunakan untuk kendaraan operasional bagi karyawan. Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Semoga penghargaan ini membuat pelayanan kami kepada masyarakat akan semakin baik," harapnya.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut Dwi juga menyerahkan bantuan yang merupakan program CSR PUDAM Sleman kepada Tenaga Pendidik PAUD se-Kabupaten Sleman sebanyak 700 TK dan CSR kepada relawan Covid 19 Kalurahan sebanyak 50 orang. "Apa yang kami lakukan dan kami raih selama ini berkat dukungan dari semua pihak," katanya.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan jminan sosial ketenagakerjaan memiliki arti penting dalam meningkatkan kesejahteraan para pekerja. Adanya Anugrah Paritrana Award ini, menurut Kustini sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dari pemerintah dan pemberi kerja akan pentingya jaminan sosial.

"Saya berharap inovasi terus dilakukan. Apalagi kedepan ini, persaingan semakin ketat dan tantangan semakin berat," pinta Kustini.