Guru PAUD Dilatih Penguatan Pendidikan Karakter melalui Media Wayang & Gamelan

Suasana Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Jawa bagi Guru PAUD dan Murid Usia Dini dengan Media Wayang dan Gamelan pada Kamis (30/9/2021) di TK Negeri 1 Bambanglipuro. - Istimewa/Bantulkab.go.id
02 Oktober 2021 10:07 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Upaya penguatan pendidikan karakter kepada anak dapat dilakukan dengan berbagai metode. Di Bantul, penguatan pendidikan karakter dilakukan dengan pendekatan media wayang dan gamelan.

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo secara langsung menghadiri kegiatan Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Jawa bagi Guru PAUD dan Murid Usia Dini dengan Media Wayang dan Gamelan. Dalam kesempatan tersebut Joko menuturkan bahwa ia sangat mendukung dan akan mendorong serta memfasilitasi pelatihan semacam ini.

Pasalnya Joko menilai materi pelatihan memiliki basis nasionalis mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dengan menggunakan media wayang dan gamelan dalam pendekatannya. "Yang mana itu sangat penting demi mewujudkan anak-anak Bantul yang cerdas, berakhlak mulia dan berkepribadian Indonesia, tanpa melupakan budaya jawa," ungkapnya pada Kamis (30/9/2021) di TK Negeri 1 Bambanglipuro.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Bantul, Nugroho Eko Setyanto menyampaikan bila pelatihan semacam ini baru pertama kali digelar di DIY. Para peserta pelatihan meliputi guru PAUD dan murid usia dini yang diharapkan mampu menyalurkan pembelajaran pendidikan karakter melalui media wayang dan gamelan kepada para peserta didiknya.

"Semoga para peserta didik nantinya bisa mengenal dan mencintai budaya Jawa. Sehingga, nilai-nilai yang terkandung dalam budaya Jawa bisa terus dilestarikan," tandasnya.