Advertisement

Izin Lokasi Tol Jogja-YIA Tak Kunjung Terbit, Apa Kendalanya?

Ujang Hasanudin
Senin, 04 Oktober 2021 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
Izin Lokasi Tol Jogja-YIA Tak Kunjung Terbit, Apa Kendalanya? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Ketua Project Management Unit Tim Percepatan Pelaksanaan Program Prioritas Pembangunan (PMU TP5) DIY, Rani Sjamsinarsi mengatakan sampai saat ini Pemda DIY belum menerima dokumen penetapan lokasi (Penlok) untuk proyek jalan tol Jogja-Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo sebagai syarata keluarnya Izin Penetapan Lokasi (IPL) dari Gubernur DIY.

“Mereka [Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat] baru me-review,” kata Rani, di Kompleks Kepatihan, Senin (4/10/2021), “Pusat belum mengirim ke kita,” kata dia.

Advertisement

Saat disinggung kendalanya apa, Rani mengaku tidak berhak menjawabnya karena masih dalam kewenangan Pemerintah Pusat, “Intinya kami masih menunggu pengajuan [Dokumen penetapan lokasi],” ucap Rani.

Sebelumnya Rani mengatakan sebenarnya penlok sudah dikirimkan lama namun dikembalikan lagi karena terjadi perubahan terase, “Tapi itu ranahnya Pusat. Kita mencari yang terbaik belum ketemu, masih dibahas, sekarang bolanya ada di pusat, semoga satu dua minggu ini ketemu,” kata Rani.

BACA JUGA: Beredar Surat Dukungan untuk Litto, Warga Muntuk Merasa Dijebak

Lebih lajut Rani mengatakan Pemda DIY juga tidak bisa memberikan target karena kewenangan jalan tol Jogja-YIA yang merupakan program strategis nasional tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Pusat. “Ini programmnya pusat mestinya mereka harus punya target, kita support kalau ada kendala, kendala tersebut kita pikirkan dampaknya apa,” ujar Rani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement