Tim PPM Universitas Ahmad Dahlan Gelar Pelatihan Foto

Pelatihan Foto Produk dan Editing dengan menggunakan Smartphone yang digelar Tim PPM UAD di Abata Studio di Srimulyo, Piyungan, Bantul, Minggu (26/9/2021). - Istimewa
04 Oktober 2021 20:12 WIB Yudhi Kusdiyanto Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Tim Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah (PCNA) beserta Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Piyungan menggelar Pelatihan Foto Produk dan Editing dengan menggunakan Smartphone. Acara yang diikuti sebanyak 15 peserta ini digelar di Abata Studio di Srimulyo, Piyungan, Bantul, Minggu (26/9/2021).

Karena digelar di tengah pandemi Covid-19, pelatihan secara offline ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Corona secara ketat. Panitia mewajibkan peserta untuk mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

Kegiatan dibuka oleh Murein Miksa Mardhia dan dilanjutkan oleh Faisal Fajri Rahani, dari tim PPM UAD. Acara diawali dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Sri Wahyuni dan presentasi oleh M. Dzikri Pandu Nareswara dari tim kreatif Herbal Yuniari, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan foto produk dan editing foto oleh Tim PPM UAD.

Perwakilan AMM Piyungan, Miftah Farid menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan foto produk dan editing foto tersebut. “Dengan pelatihan ini, semoga dapat membantu para peserta untuk memajukan produk mereka,” tutur Farid seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Senin (4/10).

Seusai pemaparan materi, peserta langsung praktik foto untuk masing-masing produk yang dihasilkan. Peserta sangat antusias saat diajarkan beberapa teknik foto yang akan membuat visual produknya menarik. Pemateri, M. Dzikri Pandu Nareswara menuturkan bahwa cahaya Matahari yang bagus untuk pemotretan yakni cahaya sekitar pukul 09.00 WIB dan 15.00 WIB.

Smartphone memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mempermudah pekerjaan. Pengambilan gambar saat ini tidak harus menggunakan kamera profesional, karena dengan kamera ponsel kita dapat menghasilkan gambar yang tidak kalah bagus dari kamera profesional. Apalagi aplikasi di smartphone kini semakin banyak. Salah satunya yaitu Canva yang merupakan aplikasi untuk editing foto, video, poster, dan lain sebagainya,” katanya.