Perusahaan Tol Jogja Belum Survei Trase Menuju Bandara YIA, Ini Penyebabnya

Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Bisnis.com/M. Ferri Setiawan
05 Oktober 2021 18:07 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) belum berencana menyurvei trase Tol Solo-Jogja-Bandara YIA di wilayah Kulonprogo.

"Kami menunggu izin penetapan lokasi (IPL) dari Pemda DIY. Sampai saat ini, belum ada pemantauan di lapangan," kata Corporate Communication PT Jogjasolo Margo Makmur Ahmad Izzi, Selasa (5/10/2021).

BACA JUGA: Anggota Satpol PP Gunungkidul Langgar Aturan Hajatan di Masa PPKM

Menurut Izzi, survei dilakukan untuk menganalisis apakah trase sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian PUPR atau belum.

"Kami belum berani terjun ke masyarakat karena kami belum mengantongi izin penetapan lokasi yang ditetapkan oleh Pemda DIY," ucap Pejabat Humas PT JMM ini.

Tol di Kulonprogo tidak hanya mempermudah akses ke kabupaten ini, tetapi juga mengangkat perekonomian lokal melalui rencana pembangunan dua rest area.

Kepala Bappeda Kulonprogo Triyono mengharapkan rest area di Kulonprogo menjadi angin segar bagi pelaku UMKM.

"Pemkab tentunya akan melakukan seleksi terhadap pelaku UMKM, pelaku jasa pariwisata, maupun industri kecil lainnya yang bisa masuk ke rest area agar pelaku UMKM di Kulonprogo bisa terdongkrak dan naik kelas. Dari mikro ke kecil dan kecil menuju ke menengah," kata Triyono.

BACA JUGA: Anak Disabilitas di Sleman Disiksa & Diborgol di Depan Tiang Tiap Malam

Rest area tidak melulu hanya diisi oleh pelaku UMKM di bidang kuliner tetapi bisa dipadukan dengan jasa penyedia layanan pariwisata. Masyarakat yang hendak menuju ke kawasan pariwisata Kulonprogo seperti di sisi selatan maupun sisi utara bisa menggunakan shuttle bus atau kendaraan lainnya yang terintegrasi.

"Sehingga rest area ini bisa meningkatkan semua pelaku UMKM di semua bidang. Nantinya, pelaku UMKM yang bisa masuk di rest area juga bisa berbagi pengalamannya kepada pelaku UMKM lain," ucap Triyono.