Meninggal Dunia, Gunawan Maryanto Pernah Perankan Widji Thukul

Gunawan Maryanto/Facebook
06 Oktober 2021 21:37 WIB Bhekti Suryani Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Kabar duka datang dari dunia seni di Jogja. Seniman berbakat dan aktor Teater Garasi Gunawan Maryanto atau yang biasa disapa Cindil dikabarkan meninggal dunia, Rabu (6/10/2021) malam.

Kabar meninggalnya Gunawan meramaikan jagat Twitter Rabu malam. Kabar duka itu juga dikonfirmasi oleh rekannya Jompet Kuswidananto, seniman di Teater Garasi.

Jompet menceritakan, sebelum meninggal dunia Gunawan Maryanto sempat rapat di Teater Garasi.

Almarhum sempat muntah dan dilarikan ke rumah sakit, namun tak tertolong dan meninggal dunia.

"Rapat di Garasi, terus muntah, kemudian dibawa ke RS Ludiro Husada dan meninggal di rumah sakit," kata Jompet Kuswidananto, Rabu malam.

BACA JUGA: Remaja Terdakwa Klithih Kotagede Dihukum Penjara 1,5 Tahun

Gunawan Maryanto selama ini kondang di kalangan seniman Jogja juga Indonesia karena debutnya sebagai penulis skenario drama, sutradara sekaligus aktor di Teater Garasi.

Dilansir dari berbagai sumber, pria kelahiran Jogja, 10 April 1976 itu pernah meraih penghargaan Festival Film Indonesia (FFI) 2020. Gunawan meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik berkat aktingnya dalam film The Science of Fictions (Hiruk Pikuk Si Alkisah).

Pada 2017, Gunawan juga memenangkan penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Usmar Ismail Award melalui film berjudul "Istirahatlah Kata-Kata".

Dalam film itu, Gunawan berperan sebagai Widji Thukul, aktivis reformasi dan seniman yang hilang pada 1998. Film "Istirahatlah Kata-Kata" menceritakan masa-masa pelarian dan persembunyian Widji Thukul saat diburu rezim Orde Baru.