Percepatan Vaksinasi untuk Menurunkan Level PPKM

Siswa mendapatkan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan di SMP Negeri 2 Wonosari, Kamis (12/8/2021). - Harian Jogja/David Kurniawan
07 Oktober 2021 06:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI - Bupati Sunaryanta mengklaim Gunungkidul sudah masuk PPKM level dua. Namun dikarenakan kebijakan aglomerasi se-DIY hingga sekarang statusnya masi PPKM level tiga.

Oleh karenanya, ia mendukung agar status di DIY bisa segera turun level. Salah satunya dengan percepatan vaksinasi ke masyarakat.

"Caranya ya dengan perluasan vaksinasi dan itu akan kami lakukan," katanya, Rabu (6/10).

Menurut dia, capaian vaksinasi di Gunungkidul sebesar 72,12% untuk dosis pertama. Sedangkan capaoan dosis kedua sebesar 37,67%. Sunaryanta akan terus berupaya capaian terus meningkat. Salah satunya dengan menggalakan vaksinasi massal yang melibatkan lintas sektor, mulai dari TNI-Polri, BIN hingga pihak swasta. Ia menyakini dengan pelaksanaan vaksinasi massal akan menambah sasaran sehingga capaiannya akan semakin tinggi.

"Percepatan vaksinasi akan terus dilakukan agar DIY segera turun level," katanya.

Dia menambahkan, percepatan vaksinasi difokuskan untuk penyuntikan dosis pertama. Ia menilai dengan capaian di dosis pertama yang semakin tinggi, maka untuk penyuntikan kedua akan mengikuti.

"Yang tak kalah penting, masyarakat juga harus patuh menjalankan protokol kesehatan agar potensi penularan bisa ditekan," katanya.