Sekolah Ini Punya Gedung Parkir Serbaguna Senilai Rp1,7 Miliar

Bupati Kulonprogo Sutedjo saat membubuhkan tanda tangan peresmian gedung parkir serbaguna milik SMA Negeri 2 Wates pada Sabtu (9/10/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo.
11 Oktober 2021 08:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES--SMA N 2 Wates kini memiliki gedung parkir serbaguna. Bangunan baru dua lantai tersebut menelan dana sekitar Rp1,7 miliar tanpa sumbangsih dari APBD maupun APBN.

Kepala SMA N 2 Wates Dwi Martini menyampaikan rencana awal pada tahun 2017 di lahan tersebut akan dibangun gedung ruang kelas dan parkir siswa. Namun, sampai tahun 2019 kebutuhan ruang kelas sudah tercukupi dari bantuan DAK. Sehingga, peruntukan lahan digunakan sebagai gedung parkir sekaligus gedung serbaguna yang mulai dibangun pada bulan Oktober tahun 2020.

"Kami punya niat membangun yang bagus sekalian, tidak ecek-ecek, agar nantinya bisa diwariskan ke anak cucu kita, meskipun tadinya sempat terkendala pelaksana, namun akhirnya bisa selesai dalam kurun satu tahun," kata Dwi Martini pada Minggu (10/10/2021).

BACA JUGA : Viral Gedung Parkir Bertingkat di Depan RS PKU, Ternyata 

Ditambahkan Dwi Martini, gedung dua lantai tersebut dibangun murni dengan dana swadaya sebesar Rp1,7 miliar tanpa bantuan APBD maupun APBN. Adapun, dana swadaya berasal dari sumbangan orang tua siswa, masyarakat umum, alumni, guru, karyawan, infak harian dan lainnya.

"Mudah mudahan gedung ini menjadi bermanfaat bagi sekolah, alumni maupun masyarakat umum lainnya yang ingin menggunakannya," imbuh Dwi.

Bupati Kulonprogo Sutedjo menyampaikan apresiasi atas selesainya pembangunan gedung parkir serbaguna SMA N 2 Wates tanpa menggunakan APBD.

"Bisa terwujud seperti ini sudah luar biasa, patut untuk diapresiasi dan dicontoh oleh sekolah-sekolah lainnya, semua dimulai dari tujuan yang baik akan ada jalan baik pula," kata Sutedjo.

Menurut Sutedjo, dengan keberadaan gedung ini akan menambah kenyamanan dan keamanan parkir bagi seluruh warga civitas akademika SMA N 2 Wates. "Saya juga berharap gedung tersebut untuk bisa dimanfaatkan seluas-luasnya dan tak lupa untuk dirawat sebaik mungkin," kata Sutedjo.