Vaksinasi Kelurahan Bener Menyasar Warga Tetangga

Suasana pelaksanaan vaksinasi massal di Kelurahan Bener, Tegalrejo yang juga menyasar warga lain di kelurahan tetangga, Sabtu (9/10/2021). - Harian Jogja/Yosef Leon
12 Oktober 2021 05:07 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Pemerintah Kelurahan Bener Kemantren Tegalrejo Kota Jogja menyasar vaksinasi ke warga kalurahan tetangga untuk menuntaskan vaksinasi di wilayah setempat. Program ini diharapkan bisa menekan kasus Covid-19 dan mengurangi risiko bagi warga yang melakukan mobilitas antar kelurahan.

Lurah Bener, Agus Sutarto menyebut wilayahnya yang berbatasan langsung dengan sejumlah kelurahan di Kemantren Tegalrejo membuat pemerintah kelurahan berinisiatif melakukan vaksinasi dengan menyasar warga tetangga.

"Kita laksanakan vaksinasi massal pada akhir pekan kemarin dengan 1.000 dosis untuk masyarakat Bener dan Karangwaru serta Tegalrejo," kata Agus, Senin (11/10/2021).

Agus menyebut, sebelumnya pemerintah Kota Jogja juga telah mendeklarasikan wilayahnya tuntas vaksin pada 7 Oktober lalu untuk dosis pertama. Saat ini, kelurahan tinggal menyelesaikan vaksin dosis kedua bagi warga yang sudah terjadwal.

"Vaksinasi ini kami gelar untuk warga yang telah mendapat vaksin dosis pertama beberapa waktu lalu dan kita juga mengikutsertakan warga dari kelurahan lainnya," jelas Agus.

Baca juga: Covid-19 DIY Makin Melandai, Sehari Kasus Baru Tinggal Tambah 18

Ada sebanyak 750 warga yang mengikuti vaksin dosis kedua pada kesempatan itu. 250 lainnya merupakan warga dari kelurahan lain dan masyarakat umum dari kelurahan setempat. "Ini perlu kita lakukan bersama untuk mewujudkan merdeka vaksin," katanya.

Agus menerangkan, pihaknya menggunakan pendataan melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) dalam melakukan vaksinasi tersebut. Selain itu, lewat RT dan RW serta FKUB setempat, kelurahan dibantu melakukan penyisiran data agar lebih akurat.

"Kita arahkan untuk mendaftar lewat JSS dan kemudian kita akurasikan dengan data penerima bantuan apakah benar warga setempat. Pemangku wilayah khususnya dari RT dan RW juga mendata masyarakat masing-masing agar data lebih akurat," ujarnya.

Agus menyebut, sampai saat ini seluruh RT dan RW maupun wilayah Kelurahan Bener secara umum telah masuk dalam kategori zona hijau. Hal ini sejalan dengan program vaksinasi yang cukup optimal di wilayahnya.

"Sekarang sudah zona hijau karena warga telah banyak yang divaksin. Semua dan satu kelurahan sudah bebas dari penderita Covid-19," ujarnya.