Kunjungan Sandiaga ke Kaki Langit Diharapkan Jadi Pemicu Pemulihan Ekonomi Warga

Kelompok Gejog Lesung Desa Wisata Kaki Langit, Dlingo, Bantul. - Ist.
12 Oktober 2021 16:37 WIB Newswire Bantul Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pengelola Desa Wisata Kaki Langit Bantul berharap kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dapat menjadi pemicu pemulihan ekonomi warga sekitar. Mengingat warga yang menjadi pengelola tidak mendapatkan penghasilan selama kawasan wisata tersebut harus tutup akibat pandemi Covid-19.

Pengelola Desa Wisata Kaki Langit, Dlingo, Bantul Sumijan mengaku selama pandemi dan kawasan wisata harus tutup, warga dan sebagian besar pengelola tidak memperoleh pemasukan. Akantetapi selama tidak ada wisatawan yang berkunjung, para pengelola tetap konsisten merawat dan melakukan sejumlah perbaikan fisik agar Kaki Langit menarik bagi pengunjung.

"Kami tentu berharap dengan adanya kunjungan Menteri Pariwisata ke desa wisata kami bisa membuat pengunjung bertambah dan bisa untuk pemulihan ekonomi warga karena selama ini tidak ada penghasilan. Tentu kami siap dengan prokes ketat," katanya, Selasa (12/10/2021).

Sandiaga Uno melakukan kunjungan ke desa wisata ini pada Minggu (10/10/2021). Saat itu Sandi sempat ikut memainkan sejumlah alat musik tradisional yang menjadi ciri khas desa wisata tersebut dengan langsung naik ke panggung. Salah satunya memainkan Gejog Lesung dengan dipandu oleh warga setempat. Bahkan Sandi sempat memberikan saweran kepada para pemain Gejog Lesung dengan masing-masing uang tunai Rp50.00.

Melalui kegiatan tersebut, Menparekraf bisa berbaur dengan warga sekaligus beekomunikasi dan menyerap berbagai masukan untuk perbaikan pariwisata. Ketua Paguyuban Gejog Lesung Desa Wisata Kaki Langit, Dlingo, Bantul Supimarni menyampaikan secara langsung sejumlah keluhan kepada Sandiaga. Menurutnya selama pandemi tidak pernah pentas sama sekali. Kehadiran Sandi ke desanya adalah menjadikan pertama timnya pentas selama pandemi.

"Kami sangat berharap situasinya kembali normal sehingga kami bisa mencari penghasilan seperti dulu lagi dan ekonomi warga bisa segera pulih kembali," ucapnya.

Menparekraf Sandiaga Uno mengaku prihatin atas penyampaian kondisi warga yang banyak kehilangan penghasilan akibat pandemi, namun kondisi itu terjadi hampir di semua sektor. Menurutnya Desa Wisata Kaki Langit sangat memungkinkan untuk dibuka namun harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat agar tidak terjadi penularan Covid-19.

"Kami tentu berharap masyarakat bisa kembali membuka usaha mereka di Desa Wisata Kaki Langit. Akantetapi proses untuk membuka harus bertahap, mudah-mudahan ini bisa membantu," katanya.