Advertisement

15 Oktober Hari Jadi Kulonprogo, Yuk Intip Wisata Seru di Bumi Menoreh Ini!

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 15 Oktober 2021 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
15 Oktober Hari Jadi Kulonprogo, Yuk Intip Wisata Seru di Bumi Menoreh Ini! Ketua Desa Wisata Nglinggo, Teguh Kumoro, menapaki jalan setapak yang dibuat dari kayu di kebun teh Nglinggo, Selasa (24/4 - 2018).Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Tepat hari ini, Jumat (15/10/2021), Kabupaten Kulonprogo merayakan hari jadi ke-70.

Membicarakan Kulonprogo tidak lepas dengan objek wisatanya yang indah. Daerah ini banyak menawarkan tempat rekreasi yang ekstotis, sekalipun lokasinya banyak terdapat di kawasan perbukitan Menoreh.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Bak surga yang tersembunyi. Keindahan curug, air terjun, taman, bahkan spot kuliner, bisa ditemukan setelah wisatawan menempuh perjalanan jauh dari pusat Kota Jogja. Melewati jalanan berkelok, menanjak, bahkan singup.

Lantas mana saja objek wisata Kulonprogo yang hits di kalangan wisatawan? Simak ulasan Harianjogja.com yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Curug Siluwok

Curug Siluwok menawarkan wahana air asli perbukitan Menoreh. Lokasinya di Sidoharjo, Samigaluh, Kulonprogo. Dalam foto milik akun @3rwiin99 yang diunggah @wisatakulonprogoid nampak air khas bumi menoreh itu terlihat segar dengan warna air yang hijau. 

2. Tumpeng Menoreh

Tumpeng Menoreh adalah spot kuliner yang berada di Sumbersari, Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo. Dinamakan Tumpeng Menoreh karena bentuknya menyerupai tumpeng dan terletak di perbukitan Menoreh dengan ketinggian sekitar 1.000 mdpl.

Pengunjung bisa menikmati keindahan alam Kulonprogo dari ketinggian, bisa melihat sunrise, sembari mencicipi hidangan yang tersedia di tempat ini. Pada malam hari, Tumpeng Menoreh juga dihiasi dengan gemerlap lampu yang membuat suasana semakin cantik. 

3. Pronosutan View

Lokasi wisata ini sering disebut Ubudnya Jogja karena menawarkan pemandangan areal persawahan seperti di Ubud Bali. Lokasinya berada di Pronosutan, Kalurahan Kembang, Kapanewon Samigaluh. 

Dengan latar belakang perbukitan Menoreh, tempat wisata alternatif di Jogja bagian barat ini kerap menjadi tujuan para pesepeda atau goweser. Mereka bersepeda di tengah area persawahan dan menikmati sajian jajanan yang disediakan di kompleks wisata itu. 

Selain tiga objek wisata di atas, masih banyak tempat piknik di Kulonprogo yang bisa dieksplor. Seperti Waduk Sermo, Kali Biru, Gerbang Samudraraksa di Kalibawang, Kebun Teh Nglinggo di Samigaluh yang menjadi satu-satunya kebun teh di Jogja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Instagram

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Erdogan Umumkan Keadaan Darurat Selama Tiga Bulan untuk Cari Korban Gempa

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement