SMK Ar Rahmah Bantul Gandeng UMY untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

Kerja sama SMK Ar Rahmah Bantul dengan UMY/Ist
17 Oktober 2021 14:17 WIB Media Digital Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Pada Sabtu, 16 Oktober 2021 di Gedung K.H. Ibrahim Lt.5 Kampus UMY telah ditandatangani Nota Kesepahaman atau MoU Vokasi UMY dengan SMK Ar Rahmah dan 20 SMA/SMK lainnya.

SMK Ar Rahmah Srandakan Boarding School dibawah Yayasan Bani Fakhruddin (mantan Pimpinan Pusat Muhammadiyah) mulai dari tahun 2011 sudah menjalin kerja sama yang baik dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dalam berbagai bidang kegiatan, sarana prasarana, pengabdian masyarakat, bakti sosial, beasiswa kuliah, pelatihan guru dan siswa, dll.

Pada kesempatan ini pula kerjasama kelembagaan dengan ditandatanganinya MoU Vokasi UMY dan SMK Ar Rahmah, semakin erat jalinan kerjasama yang telah dibangun selama ini sehingga kedepannya keberlangsungan kegiatan-kegiatan bersama dapat berjalan dengan baik dan lancar (Rahmat Jatmiko, Kepala SMK Ar Rahmah).

Acara MoU dimulai dengan Pembukaan, kalam wahyu ilahi, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan Sambutan Direktur Program Vokasi Bapak Dr. Bambang Jatmiko, S.E., M.Si : Selamat datang dikampus Muda Mendunia Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Dalam rangka mengikuti himbauan dari Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI untuk meningkatkan jenjang pendidikan Diploma 3 (D3) menjadi Sarjana Terapan (D4).

Saat ini Program Vokasi sedang menyusun pengajuan peningkatan jenjang pendidikan Diploma 3 (D3) menjadi Sarjana Terapan untuk tiga prodi yaitu Teknologi Elektro-medis, Teknologi Mesin dan Akuntansi.

Salah satu syarat pengajuan ini adalah memiliki perjanjian kerjasama (MOU) dengan SMK.

Sedangkan bidang kerjasamanya Pemanfaatan sumber daya (sarana, prasarana dan SDM). Kegiatan pembelajaran di luar kampus, Tukar menukar data dan informasi, Pendidikan dan pelatihan, Penelitian bersama, Publikasi karya ilmiah, Pemanfaatan dan penerapan hasil penelitian yang telah ada, Bantuan teknis.

Program kerjasama yang di jalin meliputi: Fasilitas guru tamu/ pakar/ praktisi/ akademisi, Pendampingan kegiatan minat bakat/ riset/ pengabdian masyarakat, Pendampingan branding melalui pencirian/ keunikan SMK, Fasilitator kompetisi/ LKS, Pendampingan manajemen mutu, Kerjasama dengan DU/DI.

Sambutan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Internasional sekaligus membuka acara pagi ini kepada Bapak Prof. Dr. Achmad Nurmadi, M.Sc.

Beliau menyampaikan agar kerjasama yang selama ini telah terjalin dengan baik perlu diopti,alkan lago, UMY membuka kerjasama seluas-luasnya dalam berbagai bidang, diantaranya ruang lingkup Nota Kesepahaman ini meliputi: Pengembangan pengajaran, ilmu pengetahuan dan teknologi yang strategis untuk meningkatkan kinerja kedua instansi; Peningkatan kualitas pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat; Peningkatan dan Penguatan Jenjang Pendidikan Sumber Daya Manusia; Penguatan Kolaborasi Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat; dilanjutkan Prosesi Penandatanganan Kerjasama dengan 21 Sekolah SMK dan SMA.

Pondok Pesantren/SMK Ar Rahmah yang beralamatkan di Kedungbule Trimurti Srandakan Bantul, masih menerima siswa program Beasiswa bagi siswa tidak Mampu, Yatim Piatu dan dhuafa yang akan kami berikan beasiswa Gratis pendidikan selama 3 tahun, bisa dilihat di website kami https://www.smk-arrahmah.sch.id/ YouTube https://youtu.be/3MBJWO-iUTw keterangan lebih lanjut call/WA 089616158000. (*)