Kanwil Ditjen Perbendaharaan DIY Berikan Penghargaan Opini WTP LKPD 2020 ke Pemkab Gunungkidul

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY Arif Wibawa menyerahkan penghargaan WTP kepada Bupati Gunungkidul Sunaryanta/iAT
18 Oktober 2021 13:27 WIB Media Digital Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan DI Yogyakarta (Kanwil DJPb DIY) menyampaikan Piagam dan Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 kepada Pemda Gunungkidul.

Opini WTP merupakan predikat yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap daerah yang berhasil melaporkan kinerja keuangan secara tertib, akuntabel sesuai Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), penghargaan ini diraih yang ke-enam kalinya berturut-turut oleh Kabupaten Gunungkidul.

Penyerahan Piagam Penghargaan dilakukan oleh Kepala Kanwil DJPb DIY Arif Wibawa kepada Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Ruang Rapat Nayotama Kantor Bupati Gunungkidul, pada hari Kamis 14 Oktober 2021.

Penyerahan Piagam penghargaan disaksikan Sekda Gunungkidul Drajad Ruswandono, Kepala BKAD Gunungkidul Saptoyo, Inspektorat Daerah Gunungkidul Sujarwo, Kepala Bappeda Sri Suhartanta serta Kabid. PAPK Kanwil DJPb DIY Sugeng Winarno, (Plt) Kepala KPPN Wonosari Ruswanto, dan Kepala Seksi PSAPP Harwanto.

BACA JUGA: Dalam 6 Jam, Gunung Merapi 5 Kali Muntahkan Lava Pijar

Pada kesempatan ini Arif Wibawa menyampaikan bahwa Opini WTP merupakan capaian tertinggi. Sisi positif dari pencapaian Opini WTP adalah pengakuan Pemerintah bahwa Pemda yang sudah menerima opini WTP merupakan Pemda yang sudah menerapkan kaidah dan norma pengelolaan keuangan negara sehingga meningkatkan kepercayaan para investor serta menunjukkan tata kelola pemerintah yang semakin baik.

Dalam kesempatan ini pula disampaikan harapan ke depan supaya pengelolaan keuangan semakin ditingkatkan, agar temuan/rekomendasi BPK dapat segera ditindaklanjuti sehingga tidak menjadi temuan dimasa yang akan datang, serta akselerasi realisasi DAK Fisik dan Dana Desa untuk mendukung percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional yang dapat berdampak meningkatnya pertumbuhan ekonomi.


Kanwil DJPb DIY beserta KPPN Wonosari siap membantu dan bersinergi dengan Pemda Gunungkidul.
Bupati Gunungkidul Sunaryanta menyampaikan apresiasi atas penghargaan dari pemerintah. Bupati Gunungkidul juga memberikan apresiasi atas dukungan Kanwil DJPb DIY selama ini dan diharapkan akan selalu terjalin kerjasama yang baik sebagai wujud nyata sinergi dengan Pemerintah Daerah.

Ke depan Bupati Gunungkidul akan terus mendorong peningkatan pengelolaan keuangan yang mana tantangan pengelolaan keuangan kedepan akan lebih tinggi lagi sehingga diperlukan upaya dan inovasi untuk mempertahankan kualitas LKPD. (*)