TBY Akan Dilengkapi dengan Lift Barang  

Kepala Sub Bagian Tata Usaha TBY, Nuryadi saat mengecek bangunan lift barang di Gedung TBY, Kamis (21/10). (Harian Jogja - Ujang Hasanudin)
22 Oktober 2021 07:07 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Gedung Taman Budaya Yogyakarta (TBY) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) akan dilengkapi dengan lift barang untuk memudahkan pengangkutan properti pendukung pentas di lantai II atau Concert Hall TBY.

Lift barang TBY di Jalan Sriwedani, Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan itu ditarget selesai pada Desember ini sehingga awal tahun depan sudah bisa dimanfaatkan.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha TBY, Nuryadi mengatakan dibangunnya lift barang tersebut bermula saat ada kejadian kecelakaan kendaraan pengangkut properti pendukung pentas karena tanjakan menuju lantai II Concert Hall tersebut terlalu curam. Dari kejadian tersebut kemudian pimpinan terpikir untuk membuat lift barang.

Sementara, jika harus lewat tangga tidak memungkinkan untuk pengangkutan properti. “Lift barang ini untuk membantu pengguna atau pengangkutan barang seperti alat musik, gamelan, dan properti lainnya menuju lantai II, karena kalau lewat tanjakan terlalu curam, dan sempat ada kejadian mobil mundur lagi,” kata Nuryadi, Kamis (21/10).

Lift barang tersebut merupakan lift listrik yang khusus mengangkut barang sehingga ukuran ruangan lift lebih besar daripada lift pengangkut orang pada umumnya. Dia berharap dengan adanya lift tersebut pengangkutan properti pentas lebih mudah dan nyaman. “Karena kasihan kalau lewat tangga atau lewat tanjakan terlalu curam,” ucap Nuryadi. 

Pengadaan lift barang sudah direncanakan sejak tahun lalu melalui Dinas Kebudayaan, namun sempat terkendala sehingga baru dilaksanakan tahun ini.

Mulai diajukan awal tahun melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) untuk dilelang. Lelang berjalan dan pemenangnya terpilih salah satu perusahaan jasa kontruksi dari Bantul.

Kemudian, tutur Nuyadi, pada September kontrak pembangunan dimulai dan ditargetkan selesai pada akhir November atau awal Desember mendatang. Saat ini pembangunan baru sampai sekitar 20%. Dia berharap pembangunan lancar sehingga awal tahun depan lift barang tersebut sudah dapat digunakan. (ADV)