Diterjang Hujan Angin, Pohon Bertumbangan di Pakem dan Ngemplak

Petugas BPBD Sleman memindahkan pohon melinjo yang tumbang menimpa rumah bagian garasi milik warga Nepen RT 04 RW 16 Candibinangun Pakem, Sleman, Selasa (2/11/2021). - Istimewa/Dok. BPBD Sleman
02 November 2021 19:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Hujan deras disertai angin kencang yang menerjang Sleman menumbangkan pepohonan di Kapanewon Pakem dan Ngemplak, Selasa (2/11/2021).

Berdasarkan laporan BPBD Sleman, angin kencang yang melanda Kapanewon Pakem menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Data sementara menyebutkan sebuah pohon tumbag di Paraksari Pakembinangun. Pohon tersebut tumbang dan menimpa jaringan listrik. "Saat ini proses evakuasi sudah selesai," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan, Selasa (2/11/2021).

BACA JUGA: Cuaca Ekstrem, Ini Peringatan untuk Pelaku Wisata di Sleman

Selain di Pakembinangun, sebuah pohon melinjo tumbang menimpa rumah bagian garasi milik warga Nepen RT 04 RW 16 Candibinangun Pakem. Selain di Pakem, angin juga merobohkan pohon Melinjo di Sapen RT 01 RW 20 Umbulmartani, Ngemplak. "Pohon itu roboh menimpa rumah bagian kamar dan ruang tamu. Tidak ada korban jiwa," katanya.

Makwan kembali mengingatkan agar masyarakat kembali meningkatkan kewaspadaan selama memasuki musim hujan tahun ini. Potensi angin kencang harus diantisipasi dengan memangkas pepohonan yang berpotensi tumbang.

Baliho juga perlu dicek kondisinya. BPBD Sleman selain menyiagakan peralatan juga menyiapkan personel hingga sukarelawan kebencanaan. "Personel yang stand by 38 orang tapi relawannya banyak. Seluruhnya siap bergerak 24 jam," katanya.