Advertisement

2 Jembatan Dibangun di Maguwoharjo dan Kalitirto, Salah Satunya Jembatan Gantung

Abdul Hamied Razak
Rabu, 03 November 2021 - 14:27 WIB
Budi Cahyana
2 Jembatan Dibangun di Maguwoharjo dan Kalitirto, Salah Satunya Jembatan Gantung Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemerintah akan membangun jembatan baru di Sanggrahan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, pada tahun ini. Jembatan gantung yang menghubungkan Kalurahan Kalitirto-Jogotirto, Berbah juga akan dibangun tahun ini.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.4 Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) DIY Julian Situmorang mengatakan pembangunan kedua jembatan tersebut menelan biaya APBN sebesar Rp9,2 miliar. "Sosialisasi pembangunan jembatan ini kepada warga sudah dilakukan. Tinggal pelaksanaannya," kata Julian, Rabu (3/11/2021).

Advertisement

BACA JUGA: Pembangunan Gedung Pencakar Langit Melebihi 500 Meter di China Dilarang

Menurut dia, jembatan yang dibangun di Sanggrahan merupakan jembatan baru. Warga akan memanfaatkan talang Selokan Mataram sebagai akses untuk menyeberangi Kali Grojogan. "Selama proyek pembangunan jembatan tersebut ditutup dan kami minta warga menggunakan jalan lainnya," kata Julian.

Menurutnya, pembangunan jembatan baru di Sanggrahan tersebut bertujuan untuk memperlancar akses antardusun. "Selain itu, pembangunan jembatan baru ini juga bisa mengurangi volume kendaraan yang melewati Ring Road," katanya.

Dia menjelaskan, panjang jembatan baru tersebut sekitar 30,8 meter, dengan lebar jembatan total 9 meter. Jenis jembatan yang dibangun merupakan jembatan girder. Jalan yang dilebarkan sekitar 100 meter dari pinggir jalan Ring Road. "Pengerjaan jembatan selesai April 2022, hanya enam bulan," katanya.

Selain jembatan Sanggrahan, pemerintah juga membangun Jembatan Gantung Kalijogo yang menghubungkan Kalitirto dengan Tegaltirto di Berbah. Panjang jembatan ini sekitar 60 meter yang melintasi Sungai Opak. Jembatan gantung ini pada awal 2019 lalu rusak akibat banjir yang melanda kawasan tersebut.

BACA JUGA: BMKG Ingatkan Hujan Deras Rawan Banjir di Sepanjang Bulan November

"Anggaran pembangunan Jembatan Gantung Kalijogo ini satu paket dengan anggaran pembangunan jembatan Sanggrahan," kata Julian.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak Pramono berharap agar pembangunan Jembatan Sanggrahan di Sungai Grojogan, Sanggrahan, Maguwoharjo memperhatikan keberadaan Selokan Mataram. "Pembangunan jembatan diharapkan tidak mengganggu Selokan Mataram dari segi teknis," katanya beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tentara Israel Dikabarkan Siap Menyerang Kota Rafah di Gaza Selatan

News
| Rabu, 24 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement