Sapa Budaya, Inovasi Disbud Jogja Akomodasi Pelaku Seni Budaya

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, dalam agenda peluncuran Sapa Budaya di sebuah hotel di kawasan Jalan Margautama, Jogja, Selasa (9/11/2021). - Harian Jogja - Galih Eko Kurniawan
10 November 2021 10:47 WIB Galih Eko Kurniawan Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kebudayaan Jogja meluncurkan Sapa Budaya yang dijadikan ekosistem para pelaku seni budaya untuk berinteraksi, berjejaring dan berkolaborasi dengan sesama pegiat seni maupun masyarakat.

Peluncuran dilakukan di sebuah hotel di kawasan Jalan Margautama, Jogja pada Selasa (9/11/2021) oleh Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, dengan didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Jogja, Yetti Martanti.

Yetti menuturkan Sapa Budaya Sapa Budaya yang menggunakan aplikasi berbasis web ini memuat dua hal penting dalam membangun ekosistem kebudayaan.

“Bisa meningkatkan peran aktif masyarakat untuk melestarikan dan mengembangkan budaya serta memberikan ruang bagi pelaku seni budaya untuk berinteraksi baik dengan sesama pelaku seni budaya maupun masyarakat,” paparnya, Selasa.

Sapa Budaya mengemban peran untuk mewujudkan pelestarian dan pengembangan budaya melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai penguatan dalam membangun ekosistem kebudayaan

Haryadi memaparkan Sapa Budaya bisa menjadi ekosistem yang utuh dan menyeluruh dalam masyarakat serta mengakomodasi semua kelompok, mencakup pemerintah dan pelaku seni budaya di Jogja.

Melalui Sapa Budaya, para pelaku seni budaya akan tertantang untuk meningkatkan kinerja yang lebih berkualitas meski di masa pandemi karena bisa memberi manfaat ekonomi. “Harapan saya, Sapa Budaya akan memberikan inspirasi dan diterima semua masyarakat,” tuturnya.