Trotoar Sisi Barat Jalan Mayor Suryotomo Jogja Akan Direnovasi

Ilustrasi trotoar. - Harian Jogja/Desi Suryanto
16 November 2021 17:47 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah Kota Joga melalui melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) dalam proses renovasi trotoar Jalan Mayor Suryotomo sisi Barat. Menurut Kepala DPUPKP Kota Jogja, Hari Setya Wacana, renovasi pada tahun ini meliputi pembongkaran serta pemindahan Penerangan Jalan Umum (PJU) dan pohon-pohon perindang.

“Kemudian kami juga membongkar devider di tengah jalan, itu untuk tahun ini. Terus tahun 2022, nanti kami akan membenahi aspalnya sekaligus membenahi trotoarnya. Untuk pemindahan pohon bekerja dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja,” kata Hari, Selasa (16/11/2021).

Dalam pembenahan ini, ada proses pelebaran trotoar untuk pejalan kaki. Meski tidak selebar Jalan Malioboro atau Jalan Sudirman, namun setidaknya bisa memberi ruang yang lebih leluasa untuk pejalan kaki. Renovasi tahap ini akan berlangsung dari Perempatan Gondomanan sampai Hotel Melia dengan panjang sekitar 900 meter.

BACA JUGA: Pasangan Gugat Klinik Kesuburan karena Embrio Tertukar

“Sekarang sudah mulai ada proses pengecoran fondasi PJU-nya. Diveder setelah PJU pindah, pohon juga bergeser, nanti kami lakukan pembongkaran. Harapannya tahun ini pembongkarannya,” kata Hari.

Untuk pembongkaran menggunakan dana APBD Kota Jogja. Sementara untuk renovasi trotoar menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). Adapun DAK yang diusulakan sekitar Rp3 milliar.