Advertisement

Cuaca Esktrem, Penjualan Kuliner Ikan di Depok Turun 30 Persen

Catur Dwi Janati
Selasa, 16 November 2021 - 08:17 WIB
Sunartono
 Cuaca Esktrem, Penjualan Kuliner Ikan di Depok Turun 30 Persen Wisatawan membeli ikan segar di Pasar Ikan Segar Pantai Depok Parangtritis, Bantul, Selasa (19/6/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, KRETEK--Cuaca ekstrem berupa hujan deras terjadi hampir setiap hari berdampak pada menurunnya pendapatan pedagang kuliner ikan di kawasan Pantai Depok, Bantul. Meski tetap ada pembeli, jumlahnya mengalami penurunan hingga 30% dibandingkan saat cuaca cerah.

Salah satu pedagang masakan ikan Pantai Depok, Dardi Nugroho tak menampik bila terjadi adanya penurunan pengunjung selama musim hujan. Meski demikian Dardi bersyukur masih ada pemasukan setiap harinya kendati jumlahnya menurun.

"Ya agak menurun. Kemarin Minggu itu saja baru ada pengunjung setalah selesai hujan. Ada penurunan sedikit lah," tutur Dardi pada Senin (15/11/2021).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA : Mayoritas Pelaku Usaha Kuliner di Kawasan Pantai Bantul 

Padahal diceritakan Dardi, pasca wisata kembali dibuka dan cuaca pesisir cerah, warung miliknya mengalami kenaikan pengunjung. Namun setelah musim hujan tiba, penurunan pengunjung terjadi. "Cuma kendalanya di hujan, jadi enggak hujan ya tetap ramai. Kecuali kalau hujan deras dari pagi sampai sore," ungkapnya

"Kurangnya enggak banyak. Paling dari 100 persen berkurangnya cuma sekitar 30 persen. Masih ada pemasukan tiap harinya," ucapnya.

Siklus semacam ini memang rutin terjadi selama musim hujan. Dardi mengungkapkan di musim hujan pengunjung di warungnya mengalami penurunan, sejalan dengan berkurangnya wisatawan di Pantai Depok.

"Mesti berkurang lah kalau musim hujan. Akhir tahun juga ramai biasanya kalau enggak ada kendala hujan, waktu Natal, mulai pertengahan Deaember," katanya.

Dardi pun menyiasati situasi musim hujan ini dengan tidak menyetok bahan dasar ikan. Dirinya baru mengambil ikan ke pemasok saat ada pengunjung yang singgah di warungnya.

Advertisement

"Kalau kulakan pasti tak kurangi. Soalnya kalau sekarang spekulasi enggak berani, artinya kalau ada pemesanan baru saja pesan ikan. Tidak menyetok, kecuali nanti hari raya baru menyetok," ujarnya.

Bila tidak hujanr, rata-rata 50 pengunjung per hari bisa mampir ke warung milik Dardi. Saat ini Dardi masih terbantu dari para pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat atau lebih yang tidak begitu terpengaruh oleh hujan. "Sama kalau sudah pesan, pasti datang orangnya. Soalnya pesanan," ungkapnya.

BACA JUGA : Wisata Dibuka, Pelaku Usaha Pantai Depok Ayem Bisa Cicil

Advertisement

Di sisi lain pedagang ikan Pasar Ikan Depok, Nunik juga mengakui adanya penurunan pengunjung selama musim hujan. Namun masih adaanya beberapa pengunjung yang masuk, cukup membantu terjualnya dagangan ikan di lapaknya. Kadang Jika hujan berlangsung hampir seharian, Nunik paling mentok mengantongi uang Rp200.000-500.000 saja per harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Profil Howard Timotius Palar, Petinggi Indomaret yang Meninggal Tertabrak Truk

News
| Kamis, 06 Oktober 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement